Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2015 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menjenguk 'Malin Kundang' di Pantai Air Manis

detikTravel
Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis (Hesti/detikTravel)
Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis (Hesti/detikTravel)
Padang - Kota Padang di Sumatera Barat memiliki sejumlah objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Padang adalah Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis. Yuk berkunjung!

Tempat ini jadi destinasi wisata populer tidak lain karena kisah Malin Kundang si anak durhaka yang melegenda. Pengunjung bisa melihat secara langsung penampakan batu Malin Kundang yang terkenal itu.

Batu Malin Kundang terdapat di Pantai Air Manis, arah selatan kota Padang. Untuk menuju ke sini, detikTravel mengambil jalur melewati jalan raya Teluk Bayur. Jalannya bisa ditempuh menggunakan bus Trans Padang dengan rute Lubuk Buaya-Pasar Raya-atas Kota, dengan harga tiket Rp 3.500.

Turunlah di Pasar Raya, lalu perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkot nomor 433. Mintalah kepada supir angkot untuk menurunkan Anda di persimpangan Pantai Air Manis, tepatnya di depan SMA 6 Padang.

Menuju Bukit Malin Kundang, Anda perlu menggunakan jasa ojek atau mobil pribadi karena tidak ada angkutan umum yang melewati jalan ini. Jangan khawatir, begitu turun dari angkot, Anda akan menemukan pengendara ojek sudah berjajar di depan gapura jalan.

Ongkos menumpang ojek bisa dibilang cukup mahal, Rp 20 ribu sekali jalan. Namun Anda bisa menawar dan hanya membayar Rp 35 ribu saja untuk jasa ojek menuju dan dari Bukit Malin Kundang.

Perjalanan menuju Pantai Air Manis cukup berkelok-kelok. Jalurnya menanjak sejauh 3 kilometer, dan turunan juga sepanjang 3 kilometer. Setelah melewati jalan yang berliku, sampailah di Pantai Air Manis yang landai.

Untuk bisa masuk ke pantai yang tidak berpasir ini, Anda perlu membayar Rp 5.000 dan biasanya 'disetor' kepada penunggu warung atau penjaga setempat. Bagi yang belum pernah ke pantai ini, batu Malin Kundang tidak serta merta langsung ditemukan karena 'menyaru' dengan bebatuan lainnya.

Letaknya tepat di daratan Pantai Air Manis. Jika diperhatikan, batu ini memang menyerupai sosok manusia yang sedang bersimpuh dan menelungkup. Tampak jelas punggung, tangan serta kepala Malin Kundang si anak durhaka.

Tidak hanya batu Malin Kundang yang menarik perhatian, pemandangan Pantai Air Manis pun patut dinikmati. Susuran pantai bagaikan sebuah 'garis' yang memotong langit dan bumi.

Langit yang terlihat dari pantai ini sangat biru, pantainya pun masih bersih. Terlihat beberapa surfer asyik bermain ombak. Ada pula beberapa muda-mudi yang tampak asyik menyusuri pantai.

Di pinggiran pantai juga tersedia pondok-pondok yang dapat disewa jika ingin berlama-lama menikmati sejuknya angin pantai. Satu pondokan ditawarkan dengan harga Rp 20 ribu, dan Anda bisa bersantai di situ sepuasnya.

Ada pula tempat-tempat makan yang menjual makanan hingga panganan seperti rempeyek dan mie cup. Anda juga bisa menikmati segarnya air kelapa langsung dari buahnya. Pokoknya kalau ke Padang, sempatkan untuk mampir ke Pantai Air Manis untuk melihat Batu Malin Kundang.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED