Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Agu 2015 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukit Berukir Wajah di Sulawesi Utara yang Mirip di Amerika

Faela Shafa
detikTravel
Ukiran wajah di Bukit Kasih, Kawangkoan, Sulut (Shafa/detikTravel)
Kawangkoan -

Namanya Bukit Kasih, yang terdapat di Kawangkoan, Sulawesi Utara. Di sana dipercaya menjadi tempat bertemunya nenek moyang Minahasa. Di bukitnya terdapat ukiran wajah seperti di Gunung Rushmore di AS.

Di South Dakota, AS, ada Gunung Rushmore yang diukir wajah-wajah mantan pemimpin AS. Sekitar 4 wajah diukir di sana.

Nah, agak mirip dengan itu, ada Bukit Kasih di Kawangkoan, Sulawesi Utara yang juga punya bukit berukir wajah. Tapi yang ini adalah wajah dari Toar dan Lumimuut. Mereka dipercaya sebagai nenek moyang dari suku Minahasa.

detikTravel sempat berkunjung ke sana beberapa waktu lalu dan melihat sendiri bentuk wajah. Cukup jelas terlihat dari bawah. Ada dua wajah yaitu Toar dan Lumimuut. Namun letaknya tidak berdekatan. Satu agak ke tengah, satu lagi ada di sisi kiri.

Uniknya, dari jauh, wajah ini seakan punya rambut. Di mana sebenarnya itu adalah pepohonan yang tumbuh di ukiran dekat kepalanya.

Di bagian atas bukit menjadi tempat bagi 5 rumah ibadah yang berdiri dengan akurnya. Oleh karena itulah ini disebut Bukit Kasih.

Wisatawan bisa naik ke atas dengan melewati ratusan anak tangga yang ada di sisi kiri dan kanan bukit. Jika naik dari sisi kiri, rute akan panjang dan memutar. Untuk yang ingin langsung ke rumah-rumah ibadah, ada baiknya naik dari sisi kanan saja.

Di bagian bawah terdapat wisata air panas. Wisatawan bisa merendam kaki dengan air panas yang mengandung belerang. Bisa juga sekaligus dipijat dengan tarif sekitar Rp 30 ribu per 30 menit. Sedangkan di tepi kanan depan, ada kolam air panas yang bisa diakses dengan membayar tiket masuk.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA