Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Agu 2015 19:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Danau Berubah Warna, Keajaiban Alam dari Tomohon

Faela Shafa
Redaksi Travel
Danau Linow (Shafa/detikTravel)
Danau Linow (Shafa/detikTravel)
Tomohon - Ada danau yang ajaib dari Tomohon, Sulawesi Utara. Jika umumnya air danau berwarna hijau atau biru, Danau Linow punya 3 warna sekaligus hijau, kuning dan coklat. Yang bikin kagum wisatawan adalah warnanya bisa berubah-ubah.

Sekitar 1 jam dari Manado, ada kota di dataran tinggi yang bernama Tomohon. Kota cantik ini dikenal sebagai penghasil bunga terbesar di Indonesia Timur.

Namun selain produksi bunganya yang indah, ada lagi daya tarik lainnya. Ada Danau Linow yang terletak tak jauh dari pusat kota Tomohon, hanya sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan. Tepatnya di Kelurahan Lahendong, Tomohon Selatan.

Petunjuk arahnya pun jelas. Dari jalan raya, ada petunjuk bertuliskan Danau Linow menuju jalan yang lebih kecil. Area danau yang seluas 35 hektar ini bukanlah danau biasa. Karena air di danau ini mengandung belerang.

Inilah yang membuat danau bisa berubah warna. Jika dilihat dari kejauhan, warna danau bisa berwarna hijau muda, hijau tua, kuning hingga cokelat. Tergantung perubahan yang terjadi pada belerang dan sumber airnya. Saat detikTravel berkunjung pekan lalu, warnanya sedang hijau tua.

Kandungan belerang semakin kentara jika mendekat ke tepian danau. Tercium bau belerang yang cukup kuat. Jika penasaran, Anda pun bisa menyentuh air danau yang ternyata bersuhu cukup hangat.

Meski memiliki kandungan belerang, namun suasana di danau ini terlihat hijau. Masih ada rumput yang hidup di sekitar tepian danau. Ini menandakan bahwa kandungannya tidak terlalu tinggi dan tidak berbahaya.

Sayangnya, kini tanah di sekeliling danau sudah dibeli oleh swasta. Ada yang membuat restoran dan rest area cantik di tepian danau. Sayang, harganya cukup mahal. Untuk masuk ke dalamnya bisa Rp 30 ribu, tapi sudah termasuk satu minuman di restorannya.

Namun harga tersebut cukup terbayar karena indahnya suasana yang tercipta di sana. Mulai dari jalan setapak hingga restoran yang semi outdoor menghadap danau. Cantik!

Namun, jika tak mau masuk ke tempat yang mahal, Anda masih bisa memilih tempat lain. Ada yang masuknya hanya Rp 5.000 saja kok. Bahkan, jika melihat dari ketinggian tertentu sudah cukup puas, Anda tak perlu bayar biaya masuk.

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED