Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata 2 Hari di Pontianak, Ini Pilihan Destinasinya

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
1

1. Tugu Khatulistiwa

Halaman 2 dari 7

(Merza Gamal/d'Traveler)

Hari Pertama, traveler bisa langsung menuju ke Tugu Khatulistiwa yang begitu ikonik di Kota Pontianak. Belum sah rasanya jika ke Pontianak tetapi belum ke Tugu Khatulistiwa. Bahkan, traveler bisa memperoleh sebuah piagam sebagai bukti sudah pernah ke sana dan melintasi garis khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Sebenarnya, tugu yang kita lihat sekarang hanyalah bentuk replika yang berukuran lima kali lipat lebih besar dari tugu aslinya.

Tugu Khatulistiwa yang asli berada di dalam bangunan kubah. Terbuat dari kayu belian (kayu besi), bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu berbagai ukuran, dengan tonggak bagian paling belakang ada tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arahnya.

Ada peristiwa menarik yang terjadi setiap 2 kali dalam setahun di tugu ini, yaitu peristiwa titik kulminasi matahari yang terjadi antara tanggal 21-23 Maret, dan 21-23 September. Bayangan pun hilang dan telur bisa berdiri tegak jika tepat berada di bawah garis khatulistiwa. Unik bukan?

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA