Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 15:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jelajah Sungai Terpanjang Indonesia di Kalbar

Sunga Kapuas di Pontianak (Merza Gamal/d'Traveler)
Pontianak - Kota Pontianak dikenal akan Tugu Khatulistiwa sekaligus ibukota provinsi Kalimantan Barat. Tapi tidak hanya itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Ayo coba dijelajahi!

Traveling ke Kota Pontianak, tentu tidak lengkap tanpa menyusuri dan menikmati keindahan Sungai Kapuas dari dekat. Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (27/8/2015) Sungai Kapuas yang memiliki panjang 1.143 Km merupakan nadi kehidupan masyarakat Pontianak.

Di sepanjang aliran sungai, traveler dapat mengamati aktivitas masyarakat, rumah warga, hingga deretan kapal kemas yang bersandar di bagian dermaga. Semuanya menyatu dan hidup seiring dengan aliran Sungai Kapuas yang terus mengalir.

Tapi tidak hanya manusia yang sibuk lalu lalang, Sungai Kapuas juga menjadi rumah dari sekitar 700 jenis ikan. Oleh sebab itu, Sungai Kapuas juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lokasi perikanan hingga pembibitan ikan air tawar.

Selain itu traveler juga dapat melihat jembatan kayu tradisional hingga Kesultanan Pontianak dan masjid jami yang berada di sepanjang Sungai Kapuas. Istilahnya sambil menyelam minum air.

Tidak sedikit juga wisatawan yang melihat langsung keindahan Sungai Kapuas melalui kapal wisata. Cukup dengan datang ke Taman Alun kapuas, atau Cafe Serasan dan membayar Rp 10-15 ribu per orang, traveler sudah dapat naik kapal dan melihat syahdunya Sungai Kapuas.

Kecantikan Sungai Kapuas juga telah menginspirasi Pemkot Pontianak untuk membangun semacam waterfront seperti di Lyon, Prancis. Pembangunannya juga tengah berlangsung dan berlokasi dari Taman Alun Kapuas hingga pelabuhan Senghie. Kalau sudah jadi, tentu Sungai Kapuas akan makin indah dan menarik.

Yang terbaru dari Sungai Kapuas adalah Karnaval Air Pontianak yang dibuka Presiden Joko Widodo. Ini menjadi bukti kalau pemda serius mengembangkan wisata di Sungai Kapuas.

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA