Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kalimantan Barat Juga Punya Hutan Ala Amazon di Ketapang

Sungai Pawan di Ketapang, Kalimantan Barat (Merza Gamal/d'Traveler)
Ketapang - Untuk menikmati hutan ala Amazon, traveler tak perlu jauh-jauh ke Brasil. Indonesia, khususnya Ketapang di Kalimantan Barat punya Sungai Pawan dan pesona alam liar di hutan sekelilingnya tak kalah keren dengan Amazon.

Suasana alam di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat memang begitu mempesona. Kabupaten terluas di Kalimantan Barat ini punya Sungai Pawan yang panjang dan berkelok-kelok dengan hutan rimba di sekelilingnya. Sungai dan hutan itu pun seringkali diidentikan dengan Hutan Amazon di Brasil.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (27/8/2015) Pawan merupakan sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang. Panjang sungai mencapai sekitar 197 km dan bermuara ke Laut China Selatan. Di sekitarnya tumbuh pepohonan yang bagaikan hutan rimba Amazon, serta pantai cantik di sisi lain hutan.

Sungai Pawan menghubungkan pusat Kota Ketapang dengan berbagai kecamatan, seperti Sandai, Sungai Laur dan Nanga Tayap. Keberadaan sungai tersebut sangat penting bagi warga sekitar karena menjadi pusat kegiatan ekonomi.

Area hutan di sekitar Sungai Pawan juga menjadi rumah bagi aneka flora dan fauna. Salah satu hewan yang bisa ditemukan di kawasan hutan tersebut adalah orangutan. Namun habitatnya memang cukup berkurang karena perambahan hutan untuk perkebunan kelapa sawit dan berbagai kegiatan pertanian lainnya.

Transportasi di Sungai Pawan banyak menggunakan speedboat serta perahu nelayan tradisional. Bagi traveler yang ingin menyusuri Sungai Pawan, bisa langsung datang dan menyewa perahu di sana.

Ketika menyusuri sungai, terlihat pepohonan rimbun, perahu yang lalu-lalang, Jembatan Pawan, serta pemandangan Kota Ketapang yang ada di pesisir sungai. Suasananya cukup asri dengan angin sepoi-sepoi yang bertiup. Dijamin bikin betah!

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA