Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jan 2016 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Waiwo, Tempat Jokowi Melihat Sunrise di Raja Ampat

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi menyaksikan sunrise di Pantai Waiwo, Raja Ampat (Instagram/@ir.jokowidodo)
Presiden Jokowi menyaksikan sunrise di Pantai Waiwo, Raja Ampat (Instagram/@ir.jokowidodo)
Waisai - Salah satu foto keren Presiden Jokowi di Raja Ampat, adalah ketika dirinya sedang duduk di dermaga dengan latar panorama matahari terbit. Tempat itu adalah Waiwo, kawasan pantai dan resor yang berpasir putih dengan hiu karpet di dasar permukaan lautnya.

Masih seputar postingan foto-foto Presiden Joko Widodo di Instagram, @ir.jokowidodo. Dilihat detikTravel, Selasa (5/1/2016) terdapat foto orang nomor satu Indonesia itu sedang duduk menggenakan sarung di dermaga, dengan panorama sunrise di belakangnya.


Postingan di laman Instgaram presiden Joko Widodo (Instagram/@ir.jokowidodo)

"Sunrise diawal tahun 2016. #Jokowi" tulis caption fotonya.

Dalam foto tersebut, tertulis nama lokasinya adalah Pantai Waiwo. Dari beberapa sumber detikTravel, tempat rombongan Presiden Jokowi menginap memang di Waiwo Dive Resort yang berada di Pantai Waiwo.

Mari kita kenal lebih dekat tentang Pantai Waiwo ini. Pantai Waiwo berada di Pulau Waigeo, satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat. Pantai Waiwo, berjarak sekitar 30 menit naik mobil dari pusat Kota Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat.


Pantai Waiwo (Afif/detikTravel)

Pantai Waiwo memiliki pantai pasir putih. Pasirnya begitu halus ketika disapu dengan kaki. Di pinggiran pantainya, berjejer pepohonan lebat dan rimbun yang membuat suasana sejuk dan alami. Tapi jangan kaget, kalau melihat banyak biawak di sana ya!

Destinasi Snorkeling dan Diving

Waiwo Dive Resort, satu-satunya resor di Pantai Waiwo menawarkan paket untuk snorkeling dan diving. Dalam catatan detikTravel, biaya untuk snorkeling sebesar Rp 500 ribuan-an untuk sekali paket menyelam dan Rp 100 ribu untuk sewa alat snorkeling.

Pantai Waiwo memiliki 45 titik diving. Satu yang paling diincar para penyelam di bawah lautnya, adalah melihat hiu karpet. Seperti namanya, hiu ini mempunyai rumbai-rumbai di bagian mulutnya.


Hiu karpet (Albert/Istimewa)

Hiu karpet bentuknya memang tidak seperti hiu pada umumnya. Uniknya lagi, ikan ini hanya hidup di sekitar Raja Ampat dan Papua Nugini saja. Kalau mau melihatnya, harus menyelam sampai kedalaman 20 meter terlebih dulu, sebab dia tinggalnya di permukaan laut.

Panjang tubuhnya kisaran 60 cm-1 meter. Warna badannya pun gelap, untuk memudahkan dirinya dalam berkamuflase. Mungkin, sedikit sulit melihatnya bagi penyelam yang baru pertama kali diving di sana.

Perairan di Pantai Waiwo juga jernih dan bergradasi hijau. Jika cuaca sedang cerah, asyiknya berenang di sekitar pantai dan bertemuk ikan-ikan laut berwarna-warni.

Waiwo Dive Resort pun menawarkan penginapan untuk tempat bermalam. Harganya dibanderol mulai Rp 500 ribu per kepala per malam. Kamarnya, berupa cotttage yang terbuat dari kayu dan menariknya tidak tersedia pendingin ruangan atau AC di sana.


Cottage di Waiwo Dive Reosrt (Afif/detikTravel)

"Cottage di sini tidak memakai AC, jadi tidak merusak alam. Kami mempertahankan suasana alam di sini dengan hutan-hutan yang masih hijau dan lebat di sekeliling penginapan," kata Berto, salah satu dive guide yang pernah menjadi pemandu detikTravel di Pantai Waiwo beberapa waktu silam.

Jika kamu bermalam di sana, siap-siap untuk bangun lebih awal di pagi hari. Apalagi, kalau bukan untuk melihat panorama sunrise yang indah berwarna keemasan. Silakan menuju dermaga untuk melihat dan memotretnya. Inilah tempatnya Presiden Jokowi melihat sunrise di Raja Ampat.


Dermaga di Pantai Waiwo (Afif/detikTravel)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED