Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2016 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Batik Papua, 0leh-oleh Keren dari Kota Sorong

Foto: Johanes Randy
Foto: Johanes Randy
Sorong - Kota Sorong di Papua sering disinggahi traveler yang ingin liburan ke Raja Ampat. Di sana traveler bisa mencari oleh-oleh khas berupa Batik Papua.

Batik memang merupakan kekayaan budaya khas Jawa, namun traveler juga dapat menemukannya ketika mampir ke Kota Sorong di Papua. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Toko Aneka Batik Papua yang terletak di Jl. Sam Ratulangi 89 Kampung Baru, tidak jauh dari Bandara Dominique Edward Osok di Sorong.

Beberapa waktu lalu, detikTravel pun sempat mampir ke sana untuk mencari buah tangan Batik Papua yang unik. Selain kerajinan tangan khas Papua seperti tas noken dan koteka, Batik Papua memang cukup digemari.

Secara motif, Batik Papua memiliki ciri khas yang tidak dapat dijumpai pada batik lain di Jawa Tengah. Hal itu terlihat dari motif bergambar burung cendrawasih hingga alat musik tifa dan ukiran khas Papua.

Toko Aneka Batik Papua di Sorong (Randy/detikTravel)


Motif di batiknya pun cenderung berukuran lebih besar, berbeda dengan batik jawa yang lebih kecil dan detil. Namun itu adalah ciri khas utama yang banyak dijumpai dari Batik Papua. Modelnya pun bervariasi dari yang lengan pendek hingga panjang.

Soal harga, Batik Papua bervariasi sekitar ratusan ribu. Harga tergantung dari bahan dan kompleksitas motif yang ada. Selain itu traveler juga bisa membeli kain meteran dengan motif Batik Papua seharga Rp 50 ribu per meter.

Sedangkan bagi Anda yang tidak menyukai pakaian batik, bisa membeli tas dengan motif Batik Papua dan berbagai suvenir lainnya. Untuk tas, harganya sekitar Rp 120 ribuan. Lalu tersedia juga batik berukuran kecil untuk anak-anak lho.

Jadi jika tengah transit ke Sorong menuju Raja Ampat, traveler bisa menyempatkan untuk membeli Batik Papua sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah.

Ada banyak variasi (Randy/detikTravel)
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA