Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Mar 2016 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kulineran di Belitung Sambil Nostalgia di Rumah Makan Timpo Duluk

Foto: Johanes Randy
Belitung - Mungkin ada traveler yang masih berada di Belitung usai melihat gerhana. Sekalian saja kulineran dan nostalgia di Rumah makan Timpo Duluk.

Satu hari sebelum fenomena langka gerhana terjadi, Selasa (8/3/2016) rombongan detikTravel pun sempat singgah ke rumah Makan Timpo Duluk yang cukup populer di Belitung. Lokasi tepatnya berada di Jalan Lettu Mad Daud, Tanjung Pandan.

Sesuai namanya, Rumah Makan Timpo Duluk memang mengambil konsep Belitung Jadul. Hal itu terlihat dari nuansa rumah makannya yang masih berbentuk rumah panggung berbahan kayu. Hal itu ditegaskan oleh salah satu staff rumah makan, Zana (22).

"Sebelumnya ini rumah tinggal. Bagian depannya masih asli rumah panggung, cuma direnovasi sedikit," terang Zana.

Restoran yang hampir berumur tiga tahun pada April ini juga menyajikan kuliner lokal yang dikenal dengan nama Bedulang Set. Pada acara tertentu, masyarakat Belitung dan Bangka memang sering mengadakan tradisi makan bareng yang disebut Bedulang.


Bangunan rumah makan ini dilindungi oleh Disbudpar (Randy/detikTravel)

Selain menjaga adat, tradisi makan Bedulang juga menjalin nilai-nilai kekerabatan dan kebersamaan. Biasanya satu set Bedulang diisi oleh beberapa jenis makanan berbeda yang biasanya disantap secara ramai-ramai. Bedulang ini pun dapat dijumpai di Rumah Makan Timpo Duluk.

"Bedulang Set, satu set makan isinya ramai-ramai. Set untuk dua orang Rp 135 ribu. Set untuk empat orang Rp 240 ribu," jelas Zana.

Untuk di Rumah Makan Timpo Duluk, satu set Bedulang berisi kuliner gangan, sate ikan, oseng-oseng ati ampela, lalapan, sambal sereh dan ketumbar. Tentunya sedap sekali jika dimakan ramai-ramai.


Cumi goreng yang merupakan salah satu menu (Randy/detikTravel)

Sayangnya detikTravel datang cukup malam dan kehabisan menu Bedulang Set. Akhirnya kuliner ikan, udang dan cumi goreng serta ikan patin kami pilih untuk bersantap. Soal rasa, kuliner di rumah makan ini memang cukup sedap. Ditambah suasana tempo dulu, traveler juga bisa sekalian bernostalgia.

Restoran ini pun buka setiap hari, yakni dari pukul 11:00-22:00 WIB. Last ordernya pada pukul 21:30 WIB. Restoran ini tentunya bisa jadi rekomendasi kuliner sedap di Negeri Laskar Pelangi Belitung.


Suasana rumah makan yang khas rumah panggung (Randy/detikTravel) (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA