Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2016 10:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sebelum Tur ke Ijen, Sempatkan Nikmati Dinginnya Air Terjun 'Kembar' Jagir

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Air Terjun 'kembar' Jagir di Banyuwangi (Aditya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Super Long Weekend
Banyuwangi - Libur panjang, tak sedikit traveler yang singgah ke Gunung Ijen. Tapi sebelum mendaki Gunung Ijen, sempatkanlah mampir ke Air Terjun 'kembar' Jagir yang indah.

Letak Air Terjun Jagir ini ada di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah atau sekitar tiga kilometer dari Desa Adat Using Kemiren. Jalan dari parkiran menuju air terjun ini tak terlalu jauh dan tidak terjal karena sudah dibangun anak tangga.

Lelah naik-turun anak tangga terbayar ketika melihat derasnya air yang berjatuhan di bebatuan. Air terjun itu dikelilingi pepohonan rindang dan suasananya asri. Berfoto dengan latar air terjun adalah spot favorit para pelancong di Jagir.

Keindahan alam semakin mempesona ketika melihat di bawah air terjun ada ceruk batu yang membentuk kolam secara alami. Anak-anak tampak riang berenang-renang di kolam itu.

Letaknya berada tidak jauh dari Gunung Ijen (Aditya/detikTravel)
Tak hanya wisatawan lokal, ada pula wisatawan mancanegara yang asyik mandi di kolam itu. Salah satunya Myriam Huard yang datang bersama pasangannya.

Huard sengaja mampir ke air terjun Jagir atas rekomendasi dari pemandu wisatanya. Dia tampak menikmati dinginnya air dan berfoto dengan latar air terjun.

"Ini pertama kali (ke Jagir). Senang sekali dan sangat keren. Saya dua hari saja di sini (Banyuwangi), visa kami hanya 30 hari dan banyak hal yang harus dilakukan di Indonesia," ujar Huard pada detikTravel saat ditemui di lokasi, Kamis (5/5/2016).

Wisatawan asing juga liburan ke sini (Aditya/detikTravel)
Bule asal Kanada ini sengaja mampir ke Banyuwangi untuk menyambangi Gunung Ijen yang terkenal dengan 'Blue Fire-nya'. Dia memuji keunikan api biru dan penambang belerang yang dapat ditemui di Ijen. Setelah itu dia berniat menghabiskan waktu untuk berkeliling Indonesia.

"Visa saya 30 hari ke Indonesia. Saya kemarin ke Maumere Flores dulu, kemudian ke Labuan Bajo, Lombok, Bali, Banyuwangi, nanti akan ke Gunung Bromo, lalu ke Yogya dan Borobudur. Setelah itu kami akan ke Sri Lanka," katanya.

Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Loket masuk dibuka dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Usai menuruni anak tangga dan sebelum tiba di air terjun, traveler bisa menggunakan balai yang berbentuk seperti rumah panggung untuk beristirahat. Bila tak kebagian balai, traveler bisa juga menyewa tikar sebesar Rp 10 ribu sepuasnya. Sekadar duduk menikmati pemandangan dan menikmati jajanan bisa jadi pilihan ketika traveler malas untuk berbasah-basah.

Balai peristirahatan yang bisa digunakan traveler (Aditya/detikTravel)
Di dekat balai dan persewaan tikar itu banyak terdapat pedagang yang menjajakan dagangannya. Ada jagung bakar, rujak lontong, aneka gorengan bahkan buah durian. Ada beragam pilihan karena banyak warung yang menjajakan makanan. Harganya tentu bersahabat di kantong.

Sebaiknya traveler jangan datang terlalu sore agar puas mandi atau berenang di kolam. Pasalnya, airnya dingin dan kamar mandinya belum dipasang penerangan.  

Jangan ragu untuk memasukkan Air terjun Jagir ini dalam daftar liburan ketika di Banyuwangi. Dijamin seru dan bisa menambah koleksi foto liburan traveler. Selamat menikmati long weekend! (rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Super Long Weekend
BERITA TERKAIT
BACA JUGA