Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Agu 2016 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bosan ke Senggigi, Datang Saja ke Pantai Meninting Lombok

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Wisatawan di Pantai Meninting, Lombok (Ahmad Masaul/detikTravel)
Foto: Wisatawan di Pantai Meninting, Lombok (Ahmad Masaul/detikTravel)
Mataram - Liburan ke Pantai Senggigi di Lombok mungkin sudah biasa. Kalau ingin ke pantai dekat pusat Kota Mataram, Pantai Meninting bisa jadi pilihan.

Pantai Meninting yang terletak di Kampung Kongok, Desa Meninting, Kecamatan Ampenan Utara, Kota Mataram memang unik. Pantai ini terselip di antara pantai lainnya, dengan akses jalan yang kurang memadai.

Menurut warga sekitar penyebutan Pantai Meninting atau Kongok Meninting karena berada di Kampung Kongok, Desa Meninting. Sebutan Kampung Kongok sendiri merujuk pada hewan kongok yang tak lain merupakan sebutan dari kepiting darat yang jumlahnya melimpah. Jarak pantai ini dari kota kurang dari 10 kilometer.

"Itu kenapa disebut Kampung Kongok. Dulu juga di sini adalah rawa. Jadi kalau dari kota mau ke Senggigi harus naik perahu atau memutar dengan jarak lebih jauh," kata Suhardianto (43) saat berbincang dengan detikTravel di lokasi, Minggu (14/8/2016) kemarin.Selain itu, pada beberapa puluh tahun lalu kata dia, yang ingin menikmati pasir pantai harus menyeberang sungai terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan dibelah oleh jalur muara Sungai Meninting.

(Ahmad Masaul/detikTravel)
"Kita kalau mau ke pantai dulu itu harus nyeberang sungai dulu. Dalam pula sungainya, bisa 4 meter," imbuh Suhardianto.

Para nelayan Kampung Kongok pada saat itu, kata dia biasa menyandarkan perahunya di bibir pantai. Namun berbeda dengan sekarang yang menyandarkan perahunya di muara Sungai Meninting.

(Ahmad Masaul/detikTravel)
"Acara di sini ketika pas lebaran ketupat di sini sangat ramai. Mereka ke sini hanya berwisata," kata dia.

Beberapa mitos pun menyelimuti pantai dan kali yang bermuara di Pantai Meninting. Salah satunya adalah beredarnya kabar yang menyebut jika seseorang pernah mandi di muara sungai maka bisa dipastikan kembali berkunjung lagi.

"Kata orang kalau pernah mandi di sini, pasti suatu saat balik lagi ke sini. Sampai sekarang orang-orang di sini masih percaya adanya buaya putih. Kata orang-orang tua warnanya putih besarnya hanya sebesar biawak. Dia sebagai penjaga kali agar menjamin keamanan warga sini," kata Suhardianto.

"Dia tidak mengganggu tapi kalau diganggu bisa membuat celaka. Dia berkaitan dengan kejadian kecelakaan tenggelam tiap tahunnya di pantai ini," imbuh dia.

Pantai meninting mempunyai panjang sekitar 1 kilometer. Muara kali yang ada di pantai ini pun berpindah-pindah antara utara sampai selatan.

(Ahmad Masaul/detikTravel)
"Di sini itu ramainya hari Minggu sama hari libur. Kekurangannya ya akses jalan karena tanah di pesisir pantai ini milik warga. Jadi pemerintah juga tidak membangun fasilitas umum seperti toilet," ujar dia.

Pemandangan yang disuguhkan pantai ini bisa dibilang cukup bagus walaupun berpasir hitam. Provinsi Bali terutama Gunung Agung bisa terlihat jelas dari pantai ini akan tetapi tergantung pada cerahnya cuaca.

"Para pengunjung bisa melihat sunset di sini. Kalau ombaknya bagus anak-anak mudanya tiap hari latihan surfing juga," pungkas Suhardianto. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.