Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Des 2016 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

2 Pantai Lucu di Indonesia: Pantai Kutang dan 'Sandal Jodoh'

Dekorasi unik di Pantai Sandal Jodoh (Fitraya/detikTravel)
Lamongan - Pantai tidak cuma soal keindahan, namun juga kisah lucu yang bikin kita tersenyum. Ada dua pantai di Indonesia yang punya nama unik, kutang dan sandal jodoh.

Mendengar nama pantai yang lucu, membuat traveler bertanya akan kisah dari penamanaannya. Bisa saja itu didasarkan dari sebuh kejadian atau hanya sekedar penamaan yang lucu.

Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (1/12/2016) ada sebuah pantai di Lamongan Jawa Timur dan Bengkulu yang punya nama lucu dan mengundang tanya. Apa sih namanya?

Pantai Kutang, Lamongan

Lamongan di Jawa Timur memang terkenal sebagai asal muasal dari warung Lamongan yang banyak dijumpai, tapi juga ada Pantai Kutang yang masih jarang didatangi. Nama pantainya memang cukup lucu.

Mengapa pantai ini dinamakan pantai Kutang? Karena pada awalnya di sepanjang pantai ini warga selalu menemukan bra atau yang dalam bahasa jawa disebut Kutang berserakan di pantai ini.

Pantai Kutang di Lamongan (Eko/detikTravel)Pantai Kutang di Lamongan (Eko/detikTravel)
Dari berserakannya pakaian dalam wanita di pantai inilah, akhirnya nama pantai di pesisir Lamongan ini menjadi dikenal oleh warga dengan sebutan Pantai Kutang. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi traveler. Banyak yang datang karena penasaran.

Selain memiliki pemandangan yang masih alami, pantai ini juga memiliki eksotisme pasir putih dan kerimbunan pohon Mangrove. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat bermain ayunan yang telah tersedia di akar-akar pohon mangrove sambil bermain air.

Jika ingin mampir, pantai ini berada di Desa Labuhan, Brondong. Untuk menuju pantai, pengunjung harus berjalan kaki sejauh lebih kurang 100 meter dari lokasi parkir kendaraan. Untuk sampai ke pantai ini pun membutuhkan setidaknya 2 jam perjalanan dari pusat kota Lamongan.

Pantai Sandal Jodoh

Dari Lamongan pindah ke Bengkulu. Nama aslinya Pantai Tapak Paderi, namun anak muda di sana menyebutnya Sandal Jodoh. Terletak di depan Benteng Marlborough, pantai ini memiliki spot selfie bertulisan 'Sandal Jodoh'.

Alkisah ada ada seorang pria yang sedang liburan ke Pantai Jakat di sebelah Pantai Tapak Paderi, dia mencari sandal istrinya yang hilang. Dia menemukan pasangannya di tumpukan sandal yang dikumpulkan nelayan. Ya, dahulu ada banyak sandal bekas yang hanyut ke pantai ini.

Aslinya pantai ini memiliki nama Tapak Paderi (Fitraya/detikTravel)Aslinya pantai ini memiliki nama Tapak Paderi (Fitraya/detikTravel)
Terinspirasi dari kisah tersebut, pengunjung pun memberi nama Sandal Jodoh. Ibarat sandal yang sepasang, tak sedikit yang berharap untuk mendapat pasangan atau jodoh di pantai ini.

Selain namanya yang lucu, kamu juga bisa menemukan berbagai dekorasi untuk foto selfie. Dekorasi dibuat dengan kayu dan aneka daur ulang sampah yang dibentuk secara kreatif. Salah satu spot yang paling populer adalah Pondok Sandal Jodoh, yakni sebuah dinding yang penuh tempelan sandal.

Ada banyak dekorasi lucu untuk foto selfie (Fitraya/detikTravel)Ada banyak dekorasi lucu untuk foto selfie (Fitraya/detikTravel)
Untuk kamu yang kebetulan tengah berlibur di Lamongan atau Bengkulu, tentunya tidak boleh lupa mampir ke kedua pantai di atas. Selain bisa menikmati keindahan pantainya, siapa tahu saja kamu malah menemukan jodoh. Pantai Kutang dan Sandal Jodoh pasti akan bikin kamu tersenyum lebar.

Saksikan video 20detik di sini:

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA