Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Jan 2017 08:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Rute Trekking Valentino Rossi di Pulau Komodo

Afif Farhan
detikTravel
Inilah jalur trekking Rossi untuk bertemu Sang Naga Purba (Afif/detikTravel)
Inilah jalur trekking Rossi untuk bertemu Sang Naga Purba (Afif/detikTravel)
Jakarta - Pebalap MotoGP, Valentino Rossi barusan liburan di Pulau Komodo, NTT. Inilah jalur trekking yang dia lalui di sana untuk bertemu Sang Naga Purba.

Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT merupakan pulau yang spesial. Di sinilah hidup komodo, kadal terbesar sedunia yang hanya ada di Indonesia. Sudah begitu, pulaunya eksotis dan masuk dalam daftar Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata.

Baru-baru ini, pebalap MotoGP Valentino Rossi pun berkunjung ke sana. Dia berlibur untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo. Termasuk datang ke Pulau Komodo, untuk melihat langsung Sang Naga Purba.

"Iya saya yang menemani Valentino Rossi, sampai masuk ke dalam hutan. Dia mengambil rute Medium trek di Pulau Komodo," kata Haryono Abdullah, ranger pemandu khusus di Pulau Komodo yang menjadi guide Valentino Rossi kepada detikTravel, Rabu (25/1/2017).

Foto ketika Rossi sedang trekking di Pulau Komodo (@georgedalla/Instagram)Foto ketika Rossi sedang trekking di Pulau Komodo (@georgedalla/Instagram) Foto: undefined


detikTravel pun beberapa waktu lalu berkunjung ke Pulau Komodo. Di sini memang disediakan kawasan khusus untuk trekking dengan 4 tipe yakni Short Trek, Medium Trek, Long Trek dan Adventure Trek.

Jarak yang ditempuh adalah untuk Short Trek sejauh 1 km, Medium Trek 1,5 km, Long Trek 2 km dan Adventure Trek 7-8 km. Sebelum wisatawan memulai trekking, harus menaati instruksi yang diberikan dari ranger dan tentu harus sadar diri tentang kemampuan fisik.

Dalam Short Trek, hanya terdapat beberapa tanjakan. Di Medium Trek, terdapat tiga perbukitan kecil. Di Long Trek, lebih banyak perbukitan dan lebih menantang. Sedangkan pada Adventure Trek, lebih masuk ke dalam hutan, melewati hutan bambu hingga jalur yang lebih ekstrem.
Jalur trekking di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)Jalur trekking di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)


Kesempatan paling bagus untuk melihat komodo, adalah dari Medium trek hingga Adventure Park. Salah satu spot yang terletak tak jauh dari pintu masuk adalah Kubangan Air. Di sinilah kamu dapat melihat banyak komodo dan berfoto dengannya!

"Rossi hanya mengambil trek yang lurus dan landai tidak sampai mendaki ke atas bukit. Dia senang sekali melihat komodo meski awalnya takut-takut," tutur Haryono.
Papan penunjuk arah jalan (Afif/detikTravel)Papan penunjuk arah jalan (Afif/detikTravel)

Jalur trekking sudah tersedia dengan baik. Namun bagi yang mau Adventure Trek, tentu medannya lebih ekstrem. Jalur trekking tersedia dengan nyaman serta banyak papan petunjuk. tertera pula papan peringatan seperti tertulis 'Keep Silant'.

Baik dari Short Trek hingga Adventure Trek, para pengunjung harus didampingi oleh ranger. Dilarang untuk berjalan sendiri, dilarang untuk membuat gaduh dan dilarang untuk bergerak secara tiba-tiba. Ingat, komodo pada dasarnya adalah hewan liar. Taman Nasional Komodo pun menjaga sifat liar si Naga Purba.

Bagi wisatawan lokal siapkan biaya sekitar Rp 40 ribu untuk trekking di Pulau Komodo, itu belum termasuk biaya jasa ranger. Pilih trek yang dirasa sesuai kemampuan kamu dan selamat melihat komodo dari dekat. Yuk ke Pulau Komodo, jangan kalah sama 'The Doctor'!
Jalur trekking di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)Jalur trekking di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)


(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED