Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Jan 2017 07:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ayo Liburan ke Labuan Bajo Seperti Valentino Rossi!

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Valentino Rossi saat mendaki di Pulau Padar (@floresjimmie/Instagram)
Foto: Valentino Rossi saat mendaki di Pulau Padar (@floresjimmie/Instagram)
Labuan Bajo - Valentino Rossi baru saja liburan di Labuan Bajo, NTT. 'The Doctor' bersantai di pantai, mendaki bukit hingga bertemu komodo. Kamu, kapan ke sana?

Labuan Bajo berada di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Jika dari Jakarta, terdapat maskapai Garuda Indonesia yang tebang langsung ke sana atau beberapa maskapai lain yang terbang dari Denpasar, Bali ke sana.

Labuan Bajo merupakan satu dari 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata. Artinya, Labuan Bajo akan lebih diperhatikan untuk aspek fasilitas dan penunjang pariwisata lainnya seperti aksesbilitas, akomodasi dan atraksi wisata.

Dalam catatan detikTravel, Senin (30/1/2017) Valentino Rossi berlibur ke Labuan Bajo pada pekan lalu, dari tanggal 23-27 Januari. Pebalap MotoGP itu mampir ke Pulau Padar, Pulau Komodo, Pantai Pink dan Manta Point. Semua itu adalah destinasi hits di Labuan Bajo dan mari kita kenali satu per satu.

Valentino Rossi berfoto bareng para ranger komodo (dok Istimewa)Valentino Rossi berfoto bareng para ranger komodo (dok Istimewa)


Labuan Bajo sendiri memiliki beberapa objek wisata seperti Gua Batu Cermin yang berjarak 3 km dari pusat kotanya. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua sepert sebuah cermin. Gua ini pun pada zaman dulu berada di dasar laut, maka jangan kaget melihat berbagai fosil mahluk laut di dalamnya.

Stalaktit indah menyambut di mulut Gua Batu Cermin (Shafa/detikTravel)Stalaktit indah menyambut di mulut Gua Batu Cermin (Shafa/detikTravel)


Mau basah-basahan di Labuan Bajo, cuma 2 jam perjalanan naik mobil kita bisa mampir ke air terjun Cunca Wulang dan Cunca Rami. Sedangkan bagi yang mau berfoto-foto, mari mampir ke Puncak Golo Dewa untuk menikmati panorma cantik Danau Sano Nggoang dari ketinggian.

Sedangkan yang mau memandangi Kota Labuan Bajo dan lautan dari ketinggian, mari datangi Bukit Cinta. Setelah trekking selama 15 menit, siap-siap dibuat jatuh hati oleh lanskap alam dan sunset yang indah.
Pemandangan dari atas Bukit Cinta (Shafa/detikTravel)Pemandangan dari atas Bukit Cinta (Shafa/detikTravel)


Ke Labuan Bajo, tentu belum lengkap jika belum mengunjungi Taman Nasional Komodo yang dapat ditempuh naik boat dari Pelabuhan Kampung Ujung. Ada Pulau Padar, Pulau Komodo, Gili Laba dan Pulau Rinca. Pulau Padar bisa kamu daki sampai puncaknya sekitar 20-30 menit dengan trek yang menanjak. Capek, tapi di atasnya kamu akan terpukau oleh pulau-pulau kecil, lautan biru bergradasi dan perbukitan.

Valentino Rossi pun mampir ke Pulau Padar. 'The Docor' trekking sampai ke puncaknya dan dibuat terpukai dengan pemandangannya. Sungguh, Pulau Padar layak masuk dalam salah satu pulau tercantik di Indonesia.
Potret Pulau Padar dari ketinggian (Afif/detikTravel)Potret Pulau Padar dari ketinggian (Afif/detikTravel)


Dari Pulau Padar, lanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo. Tentu saja, di sinilah hidup kadal terbesar di dunia dan cuma ada di Indonesia saja tak ada di negara lain. Lihatlah Sang Naga Purba: Komodo!

Dengan dipandu ranger, kita bakal trekking memasuki hutan dan melihat komodo dari dekat. Tubuhnya yang besar mampu bikin bulu kuduk merinding. Apalagi komodo dapat berlari dengan kecepatan sampai 30 km per jam, punya cakaryang kuat, gigi setajam hiu, mampu mencium bau darah dari jarak 7 km dan liurnya mengandung puluhan bakteri mematikan. Karnivora yang berbahaya di Bumi!
Komodo, Sang Naga Purba (Afif/detikTravel)Komodo, Sang Naga Purba (Afif/detikTravel)

Di Pulau Rinca, kita juga bisa bertemu komodo. Bedanya, komodo di Pulau Komodo lebih besar daripada di Pulau Rinca. Namun Pulau Rinca, punya padang savana yang eksotis sebagai suguhan utamanya.
Trekking di Pulau Rinca, mau? (Shafa/detikTravel)Trekking di Pulau Rinca, mau? (Shafa/detikTravel)


Kembali ke Pulau Komodo, tahukah kamu kalau di sana ada dua pantai berwarna pink. Satunya bernama Pink Beach dan satunya lagi bernama Pantai Namong. Pantai-pantainya memiliki pecahan terumbu karang yang berwarna pink dan telah hancur serta berpadu dengan pasirnya dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sebab dari itulah, pantai-pantainya berwarna pink. Indah nian saat dipandang dan kamu pun bisa bersantai di tepian pantai pink tersebut. Kalau yang mau lebih sepi, coba ke Pantai Namong karena belum seterkenal Pink Beach.

Pantai Namong yang pasirnya warna pink (Afif/detikTravel)Pantai Namong yang pasirnya warna pink (Afif/detikTravel)


Gili Laba juga tak kalah memesona. Pantainya memiliki pasir berwarna putih nan halus. Lautan di depannya biru jernih. Ah rasanya, tak mau pulang dari tempat ini.

Maka tak heran, kalau Valentino Rossi menyebut Labuan Bajo dengan perkataan 'very beautiful island'. Tak percaya? Mari buktikan sendiri ke sana!

BACA JUGA: Butuh Uang Berapa Liburan ke Labuan Bajo & Pulau Komodo?

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mau Tahu Kode-kode Pilot?

Rabu, 18 Okt 2017 05:00 WIB

Dalam tiap penerbangan, pilot akan memberikan informasi di udara. Namun, ada saja bahasa yang sulit dimengerti. Ternyata, itu adalah kode dalam penerbangan.