Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Feb 2017 18:21 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lampung Timur Punya Hutan Paling Rapat di Indonesia?

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Ilustrasi hutan di Way Kambas (Thinkstock)
Lampung Timur - Traveler yang suka bertualang, mari datangi Lampung Timur. Siap-siap menjelajahi sungai dan hutan yang masih alami. Katanya, paling rapat pohonnya!

"Taman Nasional Way Kambas itu luas dan punya hutan wilayah konservasi yang terbagi beberapa zona. Biasanya hanya sampai PLG (Pusat Latihan Gajah), tapi selain itu hutannya masih alami banget di Way Kanan," ujar Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim dalam kunjungannya ke kantor detikcom di Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

Chusnunia menjelaskan tentang sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Timur, paling utama adalah Taman Nasional Way Kambas. Tak dipungkiri, bisa dibilang sebagai kawasan perlindungan gajah tersehor se-Indonesia.

Selain itu, Taman Nasional Way Kambas pun dapat menjadi 'taman bermain' bagi traveler yang suka bertualang. Tepatnya di Way Kanan, yang mana Chusnunia mengaku pernah ke sana.

"Saya pernah ke sana sama Menteri Kehutanan, dia bilang saya sudah banyak ke hutan-hutan Indonesia dan hutan di Way Kanan ini paling rapat. Artinya masih sangat asli," paparnya.

Untuk menuju Way Kanan, traveler dapat masuk ke Taman Nasional Way Kambas dan menuju PLG (Pusat Latihan Gajah). Lalu 45 menit naik mobil dan 2 jam naik perahu menyusuri sungai untuk tiba di Way Kanan.

Menjajal Sungai di Way Kanan (Abner Krey/ACI)Menjajal Sungai di Way Kanan (Abner Krey/ACI)


"Itu sungainya masih ada buaya lho, bisa kelihatan," katanya.

Setelah itu, traveler bisa trekking masuk ke dalam hutan yang rimbun hingga mampir ke beberapa air terjun. Chusnunia menegaskan, hutan di Way Kanan hanya cocok didatangi oleh para traveler yang benar-benar doyan adventure dan tidak ada penduduk yang tinggal di sekitar hutannya!

"Itu wisata minat khusus, hanya orang-orang tertentu saja yang datang," pungkas wanita kelahiran tahun 1982 tersebut.

Lampung Timur Punya Hutan Paling Rapat di Indonesia?Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim (Muhammad Ridho/detikFoto)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA