Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Feb 2017 13:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aksi Magis Pawai Cap Go Meh Singkawang yang Fenomenal!

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Pawai Tatung yang ditunggu-tunggu saat perayaan Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)
Pawai Tatung yang ditunggu-tunggu saat perayaan Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)
Singkawang - Pawai 565 tatung saat perayaan Cap Go Meh di Singkawang memang ditunggu wisatawan. Aksi kebal senjata tajam dan kesurupan membuat heboh suasana.

Pawai ini begitu spesial karena ditonton Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya, Walikota Singkawang Awang Ishak, Sekjen ASEAN Le Luong Minh, Utusan Khusus Seychelles Nico Barito bersama 34 dubes Asia, Eropa dan Afrika. Pantauan detikTravel, Sabtu (11/2/2017) ribuan warga dan wisatawan memenuhi lapangan Kantor Walikota sampai jalanan yang menjadi rute pawai.

Tatung adalah penampil ilmu kebal dalam pawai Cap Go Meh. Mereka tampil dalam kondisi kesurupan kemudian diarak di atas tandu yang dipasangi golok-golok tajam.

Para tatung ini ada yang memakai kostum dewa-dewa China, kostum pendekar bahkan kostum Kera Sakti. Kerennya lagi, pawai ini juga menampilkan para tatung dari etnis dayak dengan kostum yang khas.

Para tatung ini mengenakan kostum khas Dayak (Fitraya/detikTravel)Para tatung ini mengenakan kostum khas Dayak (Fitraya/detikTravel)


Pipi para tatung ditusuk jarum panjang, batang besi, kawat, bahkan gembok. detikTravel malah melihat satu tatung yang pipinya ditusuk tombak dengan baling-baling. Bukan main!

Dalam aksi pun mereka menunjukan kesaktiannya. Golok dibabat ke tangan, perut bahkan lidah. Tidak ada yang luka atau berdarah.

Ada juga tatung yang liar dan tidak terkendali sehingga harus dijaga oleh pawangnya. Tidak hanya itu aksi gaibnya. Parade tatung diselingi arak-arakan boneka semacam jelangkung yang diisi kekuatan gaib dan bergerak liar sehingga harus dipegangi.

Ada tatung yang pipinya ditusuk tombak berbaling-baling (Fitraya/detikTravel)Ada tatung yang pipinya ditusuk tombak berbaling-baling (Fitraya/detikTravel)


Tidak hanya para dubes, para wisatawan juga menikmati tontonan pawai ini. Seringkali mereka maju untuk berfoto lebih jelas lagi. Lusiana (50) adalah turis dari Bandung, dia datang dengan rombongannya untuk menonton Cap Go Meh setiap tahun.

"Ada sekitar 20-an. Kita menginap di Pontianak. Subuh-subuh berangkat ke sini dengan bus," kata Lusiana.

Sementara Lili Sutardi (55) wisatawan yang juga dari Bandung mengaku senang melihat atraksi ini. Namun tarian pembuka paling berkesan.

"Tariannya ada tionghoa, dayak, melayu. Indonesia itu kalau bersatu indah ya," kata Lili.

Pawai tatung ini jadi atraksi utama Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)Pawai tatung ini jadi atraksi utama Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)
(fay/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kapan Kamu Main ke Museum Angkut?

Minggu, 19 Nov 2017 22:55 WIB

Museum Angkut di Batu adalah museum dengan gaya modern yang menampilkan bermacam alat transportasi dari tradisional hingga yang paling modern. Keren banget!