Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Mar 2017 12:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Miniatur Kota Sydney Berada Tepat di Bawah Kakimu

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Replika Kota Sydney di Customs House, Sydney (Wahyu/detikTravel)
Replika Kota Sydney di Customs House, Sydney (Wahyu/detikTravel)
Sydney - Liburan ke Sydney, Australia traveler bisa mampir ke Customs House. Di bangunan bersejarah ini, ada miniatur Kota Sydney yang berada tepat di bawah kakimu.

Kota Sydney memang dikenal sebagai kota pelabuhan sejak ratusan tahun silam, bahkan hingga sekarang. Salah satu saksi sejarah Sydney sebagai kota pelabuhan adalah bangunan bernama Customs House.

Customs House adalah bangunan bersejarah yang berada di kawasan Circular Quay, Sydney. Bangunan ini adalah gedung Bea Cukai pertama yang dibangun di Sydney.

detikTravel berkesempatan berkunjung ke Customs House atas undangan Tourism Australia dan maskapai Garuda Indonesia. Di bangunan ini, kami menikmati jamuan makan malam di Cafe Sydney yang berada di lantai teratas alias rooftop dari bangunan Customs House.

Penampakan Customs House dari luar (Wahyu/detikTravel)Penampakan Customs House dari luar (Wahyu/detikTravel) Foto: Wahyu Setyo Widodo


Sejarahnya, bangunan Customs House dibangun pada medio 1844-1845. Begitu jadi, gedung ini langsung difungsikan sebagai kantor Bea dan Cukai. Setiap kapal yang masuk dan bersandar di Pelabuhan Sydney, akan dipungut uang retribusi yang semua pencatatannya dilakukan di Customs House.

Sempat beberapa kali alih fungsi, kini Customs House jadi salah satu landmark Kota Sydney. Di bagian lantai dasar Customs House pun terdapat replika Kota Sydney dengan skala yang cukup besar.

Maket Kota Sydney di lantai dasar Customs House (Wahyu/detikTravel)Maket Kota Sydney di lantai dasar Customs House (Wahyu/detikTravel)
Replika Kota Sydney ini rampung dikerjakan pada tahun 1998, oleh perusahaan arsitektur bernama Modelcraft. Beratnya kurang lebih sekitar 1 Ton, dengan ukuran panjang 4,2 meter x lebar 9,5 meter.

Replika ini pun dilindungi oleh kaca pelindung tebal, sehingga sangat aman. Wajar jika traveler yang ingin melihatnya, bisa menginjak kaca ini tanpa takut pecah.

Di dalam replika ini, tampak beberapa ikon Kota Sydney dalam ukuran yang lebih mini. Dari mulai Sydney Opera House sampai Sydney Harbour Bridge juga ada. Lengkap!

Replika Sydney Opera House (Wahyu/detikTravel)Replika Sydney Opera House (Wahyu/detikTravel)
Ada juga gedung-gedung pencakar langit yang menghiasi Kota Sydney. Replika kota ini dilengkapi pula dengan nama kawasan atau bangunan, sehingga traveler yang melihatnya mendapat informasi yang jelas tentang bangunan tersebut.

Traveler yang kebetulan sedang berada di Sydney, bisa mampir ke destinasi ini untuk mengenal lebih dekat tentang sejarah Sydney sebagai kota pelabuhan. Alamatnya ada di 31 Alfred Street, Sydney.

Wisatawan melihat-lihat replika Kota Sydney (Wahyu/detikTravel)Wisatawan melihat-lihat replika Kota Sydney (Wahyu/detikTravel)
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Apa Sih Isi Jam Gadang?

Kamis, 27 Jul 2017 11:16 WIB

Siapa yang tidak tahu Jam Gadang, bangunan kebanggaan warga Bukittinggi yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, traveler sudah tahu isinya belum?