Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Mar 2017 19:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Syuting 'Si Manis Jembatan Ancol' yang Populer di Tahun 90an

Foto: Johanes Randy
Foto: Johanes Randy
Jakarta - Traveler yang lahir di tahun 90an mungkin pernah menonton film 'Si Manis Jembatan Ancol'. Jika berkunjung ke Museum Bahari, traveler bisa lihat jembatannya.

Sempat disiarkan di salah satu televisi swasta nasional, film 'Si Manis Jembatan Ancol' sempat berjaya antara tahun 1993-1996. Film yang dibintangi artis lawas Kiki Fatmala, Diah Permatasari dan Ozy Syahputra memang bisa bikin bulu kuduk merinding.

Yang bikin seram, kisahnya sendiri diadaptasi dari cerita Si Manis yang konon diketahui memiliki nama asli Mariyam hingga Siti Ariah. Akibat tewas diperkosa, konon rohnya masih bergentayangan di Jembatan Ancol.

Ketika berkunjung ke Museum Bahari pada Sabtu pekan lalu, detikTravel pun sempat diberitahu perihal jembatan legendaris tersebut. Bukan jembatan aslinya, tapi jembatan yang pernah dipakai untuk lokasi syutingnya.

Jembatan ini menjadi salah satu lokasi syuting 'Si Manis' (Randy/detikTravel)Jembatan ini menjadi salah satu lokasi syuting 'Si Manis' (Randy/detikTravel)


Saya pun tidak sadar sama sekali akan cerita jembatan yang menjadi lokasi syuting film 'Si Manis' apabila tidak diberitahu. Begitu pun dengan rombongan wisatawan yang datang di hari itu, hampir tidak ada yang sadar mengenai kisah tersebut.

"Dulu film si manis main di situ, salah satu dari lokasi syutingnya," terang pemandu di Museum Bahari yang menemani detikTravel, Catur.

Secara pribadi, Museum Bahari yang dahulunya dibangun bertahap oleh penjajah Belanda dari tahun 1652 tersebut sangat sarat akan kesan mistis. Khususnya di malam hari.

Ketika ditanya perihal kisah mistis di jembatan tersebut, Catur pun mengatakan kalau tidak ada kisah mistis atau aneh yang pernah terjadi.

"Gak, gak ada kejadian aneh-aneh," tutup Catur.

Sayang tidak disebutkan dengan jelas, perihal detil syuting 'Si Manis' di jembatan tersebut. Mengingat ada tiga versi film 'Si Manis', mulai dari yang perdana tayang tahun 1973 sampai 'Si Manis' episode pertama dan kedua yang dibintangi Kiki Fatmala.

Salah satu sisi Museum Bahari dari atas jembatan (Randy/detikTravel)Salah satu sisi Museum Bahari dari atas jembatan (Randy/detikTravel)


Nyatanya, jembatan tersebut menjadi salah satu spot terbaik bagi wisatawan untuk mengambil foto mau pun berpose. Jembatan yang menghadap pelataran utama dalam Museum Bahari itu memang begitu cantik dan indah.

Jadi jika berkunjung ke Museum Bahari, jangan lupa untuk singgah dan berfoto sejenak di Jembatan Si Manis. Khususnya bagi Anda yang menggemari film lawas tersebut.

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA