Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mar 2017 09:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inilah Taman Batu yang Tengah Populer di Purwakarta

Mukhlis Dinillah
Redaksi Travel
Foto: Mukhlis Dinillah/detikTravel
Foto: Mukhlis Dinillah/detikTravel
Purwakarta - Wisata alam Taman Batu lagi hits di Purwakarta. Traveler bisa berenang bebas sambil menikmati pemandangan bebatuan serta alam yang indah.

Purwakarta masih menyimpan 'sejuta' potensi wisata alam. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, mata air yang ada di wilayah pedesaan disulap menjadi kawasan wisata. Tentunya setelah melihat segala potensi alam yang ada.

Satu bulan terkahir, ada wisata alam Taman Batu yang lagi hits di Purwakarta. Wisata alam ini berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Untuk bisa sampai di taman batu, wisatawan harus menempuh jarak 30 kilometer dari pusat kota. Akses jalan menuju lokasi wisata tidak terlalu buruk dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Perjalanan jauh nan lelah akan terbayar lunas ketika tiba di Taman Batu.

Inilah Taman Batu yang Tengah Populer di Purwakarta (Mukhlis Dinillah/detikTravel)
Wisatawan akan disuguhi panorama alam khas pedesaan. Selain bisa asik bermain air di kolam-kolam yang ada di antara bebatuan besar, wisatawan juga bisa berswafoto bersama dengan latar belakang persawahan, hutan dan perbukitan.

Kolam-kolam yang ada di Taman Baru berasal dari mata air Cijanun. Pengelola lalu membendungnya dengan membatasi kedalaman air sesuai dengan usia pengunjung. Sehingga, wisatawan bisa bermain air sepuasnya.

Salah seorang pengunjung Dinda Pancawati mengaku baru pertama kali mengunjungi Taman Batu. Dinda sengaja datang bersama temannya lantaran penasaran setelah melihat postingan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di akun Instagramnya.

"Saya dateng ke sini soalnya penasaran pas liat postingan Pak Dedi. Kayaknya tempatnya bagus," kata warga Maniis, Purwakarta ini saat berbincang dengan detikTravel, Selasa (28/3/2017) kemarin.

Mukhlis Dinillah/detikTravelMukhlis Dinillah/detikTravel
Dara cantik berusia 17 tahun ini harus menempuh perjalanan satu jam untuk bisa sampai di Taman Batu. Namun, Dinda mengaku puas setelah bermain air dan berswafoto bersama teman-temannya.

"Walaupun jauh dari Maniis, saya puas dengan pemandangan dan wisata air yang ada. Bagus soalnya buat foto-foto," ungkap Dinda.

Siang itu, Taman Batu memang disesaki oleh pengunjung. Maklum saja, hari itu merupakan momen libur panjang. Raut wajah bahagia anak-anak, remaja hingga orang tua begitu terpancar. Mereka begitu menikmati liburan kali ini.

"Alhamdulillah walaupun baru satu bulan beroperasi, Taman Batu sudah banyak dikunjungi masyarakat. Selama satu bulan ini sudah 6 ribu pengunjung yang datang," kata pengelola Taman Batu, Imran Salim di lokasi.

Mukhlis Dinillah/detikTravelMukhlis Dinillah/detikTravel
Menurutnya Taman Batu merupakan wisata alam yang komplit. Jarang sekali wisata alam yang menyuguhkan sawah, air dan hutan dalam satu lokasi. Sehingga, wisatawan pun penasaran datang ke Taman Batu.

"Saya melihat jarang di Jabar ada wisata alam yang komplit seperti ini. Ada air, sawah, hutan dan bebatuan besar," ucap dia.

Imran mengatakan Taman Batu berdiri di atas tanah selaus 5.000 m2 milik pemerintah. Namun, rencananya Taman Batu akan diperluas dengan memanfaatkan 4 hektar tanah yang ada. Sehingga, aneka wahana akan dibangun di lokasi tersebut.

"Ini baru pembangunan tahap pertama. Nantinya ada tahap dua dan tiga. Kita akan bangun beragam wahana yang bisa menjadi wisata alam terbaik," kata Imran. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.