Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mar 2017 10:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Cuma di Teluk Nabire, Hiu Paus Juga Ada di Gorontalo

Bona
Redaksi Travel
Foto: istimewa
Foto: istimewa
Gorontalo - Nama Gorontalo perlahan mulai terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Tak hanya hamparan karang cantik, Gorontalo juga punya wisata hiu paus!

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (30/3/2017) Kawanan hiu paus terlihat di perairan Gorontalo. Hewan dengan nama latin (Rhincodon typus) ini merupakan spesies ikan yang dilindungi melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013.

Hiu paus merupakan jenis ikan terbesar di dunia dengan rata-rata panjang total sekitar 12 meter, bahkan dapat mencapai panjang 18 meter. Hiu paus dapat hidup mencapai usia 60-100 tahun.

Kenapa hewan ini terbilang langka? Bayangkan saja, hiu paus baru mencapai matang kelamin (siap bereproduksi) pertama kali pada usia sekitar 25 tahun. Jumlah anak yang dihasilkan pun hanya 1 ekor untuk setiap periode reproduksi.

Wisatawan yang melihat hiu paus (Istimewa)Wisatawan yang melihat hiu paus (Istimewa)
Spesies ini dianggap hanya sedang melakukan migrasi sementara di perairan Gorontalo tersebut. Selain di kawasan itu, masyarakat yang hobi memancing ikan, sering melihat hiu paus di Teluk Tomini.

Hingga Mei 2016, terdapat 13-14 individu hiu paus yang terpantau di perairan Botubarani. Sedangkan Kawasan perairan tersebut sejak 2006 telah dicadangkan oleh Pemda Kabupaten Bonebolango sebagai kawasan konservasi perairan daerah.

Dengan adanya wisata Hiu Paus, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (BPSPL) Makassar, Ditjen PRL KKP melaksanakan Bimbingan Teknis Pemandu Wisata Selam dan Sosialisasi pengenalan sistem informasi database ikan di lindungi (SI DIDI).

Bimbingan teknis disebutkan Humas KKP bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi para pemandu selama agar kegiatan wisata Hiu Paus dapat dilakukan secara bertanggungjawab. Selain itu para pemandu juga dikenalkan dengan tata cara monitoring hiu paus yang selanjutnya dapat di input dalam sistem database Si DIDI.

Pihak Humas KKP memberikan informasi bahwa Menteri Susi Pudjiastuti sempat berdialog dan menyampaikan beberapa bantuan kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. Salah satunya paket bantuan alat snorkling dan buku pedoman wisata Hiu Paus dan pedoman monitoring Hiu Paus kepada kelompok masyarakat sadar wisata.

Traveler yang mau berlibur ke Gorontalo bisa datang ke perairan Gorontalo atau Teluk Tomini. Biasanya, hiu paus akan aktif muncul ke perairan saat pagi hari untuk mencari makan.

Selain bisa melihat secara dekat, traveler juga boleh melihatnya sambil snorkeling. Tapi harus dengan pengawasan dan jangan sampai menyentuh hewan ini ya. Selamat terpesona dengan Indonesia bagian tengah! (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kapan Kamu Main ke Museum Angkut?

Minggu, 19 Nov 2017 22:55 WIB

Museum Angkut di Batu adalah museum dengan gaya modern yang menampilkan bermacam alat transportasi dari tradisional hingga yang paling modern. Keren banget!