Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Mei 2017 08:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Main ke Palangkaraya, Makin Cinta Orangutan di Nyaru Menteng

Bona
detikTravel
Foto: Ilustrasi orang utan (Ari Saputra/detikTravel)
Palangkaraya - Penangkaran orangutan identik dengan Tanjung Puting. Padahal, Palangkaraya punya tempat lain untuk penangkaran orangutan yaitu Nyaru Menteng.

Dilihat detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2017) Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng merupakan tempat pelepasan dan adaptasi orangutan dengan alam liar. Kebanyakan orangutan yang diadopsi mulai dari bayi. Lucu dan menggemaskan!

Penangkaran ini beralamat di Desa Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalteng. Sekitar 28 km dari Kota Palangkaraya.

Pusat rehabilitasi Nyaru Menteng didirikan tahun 1999 oleh Lone Dröscher Nielsen dan Odom Kisar. Sebelumnya Lone Dröscher Nielsen adalah sukarelawan di Taman Nasional Tanjung Puting. Tugasnya adalah mengurus bayi orangutan.

Main ke Palangkaraya, Makin Cinta Orangutan di Nyaru MentengFoto: Ari Saputra


Berdedikasi selama 4 tahun, Lone memutuskan untuk keluar dari Tanjung Puting dan merintis proyek orangutan Nyaru Menteng di bawah asuhan Borneo Orangutan Survival (BOS).

Dikelilingi dengan hutan seluas 1,5 hektar, kini Nyaru Menteng menjadi rumah bagi lebih dari 450 orangutan yatim dan yang terlantar di Hutan Kalimantan.

Rehabilitasi Nyaru Menteng dibagi menjadi 3 tahap, yang pertama adalah baby school bagi bayi orangutan. Fasilitas ini memberikan perhatian selama 24 jam penuh kepada bayi orangutan.

Kemudian ada Forest School, ini adalah tahap pembelajaran orangutan untuk meningkatkan skill bertahan hidup di alam liar. Seperti bergelantungan di antara pepohonan, belajar tentang makanan dan hal-hal yang perlu orangutan hindari, contohnya adalah ular.

Main ke Palangkaraya, Makin Cinta Orangutan di Nyaru MentengFoto: dikhy sasra


Di tahap ini, orangutan dibagi menjadi beberapa grup. Setiap grupnya berisikan 8-12 orangutan. Semua kegiatan ini diajarkan berulang-ulang setiap harinya.

Yang terakhir adalah The Island, ini bisa dibilang jadi kampusnya para orangutan. Ini adalah tahap pelepasan orangutan. Ada 5 pulau kecil di sekitar sungai terdekat adalah rumah pertama bagi orangutan untuk memulai hidup baru di alam liar tanpa pengasuh mereka.

Main ke Palangkaraya, Makin Cinta Orangutan di Nyaru MentengFoto: Ari Saputra


Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Kaja, Begamat, Palas 1, Palas 2, dan Hampapak Matei. Orangutan yang lebih besar ditempatkan di pulau dekat Sungai Rungan, sekitar 8 km melalui jalan darat.

Bagaimana traveler, jangan hanya tahu Tanjung Puting ya. Yuk, main dengan bayi orangutan yang menggemaskan di BOS Nyaru Menteng! (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA