Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mei 2017 13:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenang Warisan Ahok, Bisa Nge-gym di Taman Waduk Pluit

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Warga bisa nge-gym gratis di Taman Waduk Pluit (Ray Jordan/detikTravel)
Foto: Warga bisa nge-gym gratis di Taman Waduk Pluit (Ray Jordan/detikTravel)
Jakarta - Vonis 2 tahun penjara, menyudahi bakti Ahok untuk Jakarta. Fasilitas alat gym di Taman Waduk Pluit yang makin cantik adalah warisan dia untuk kesehatan warga dan wisatawan.

Dahulu, di kawasan Waduk Pluit berdiri banyak bangunan-bangunan kumuh yang tak layak huni. Di era Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, kawasan padat penduduk ini dirapikan untuk kemudian dibangun Waduk Pluit, serta areal taman lengkap dengan semua fasilitas pendukungnya.

Ribuan warga direlokasi ke beberapa rumah susun yang disediakan oleh Pemprov DKI, salah satunya Rusun Marunda. Kalau Jokowi merevitalisasi Waduk Pluit dan membuat taman, Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, menambahkan fasilitas alat-alat kesehatan.

Dihimpun detikTravel, Rabu (10/5/2017), pembangunan Taman Waduk Pluit dilakukan untuk melengkapi revitalisasi Waduk Pluit yang dikembalikan lagi fungsinya. Taman Waduk Pluit berdiri di atas lahan 10 hektar, dan dilengkapi dengan beragam fasilitas.

Gym gratis di Taman Waduk Pluit (Ray Jordan/detikTravel)Gym gratis di Taman Waduk Pluit (Ray Jordan/detikTravel)


Salah satunya yaitu alat-alat gym yang bisa digunakan oleh warga secara gratis yang diresmikan penggunaannya sejak 7 Juni 2015. Ada dua titik lokasi dimana alat gym ini dipasang, yakni di ujung barat dan timur Taman Kota Waduk Pluit.

Di masing-masing titik disediakan sekitar 6 jenis alat olahraga. Alat gym itu antara lain Air Walker, Seated Bike, Seat Leg Press, Seat Body Puller, Seat Horse Ride, hingga Stand Weight Lifting.

Warga pun bisa menggunakan alat-alat ini untuk berolahraga ringan. Selain itu, Taman Waduk Pluit juga punya jogging track sampai lapangan basket yang bisa dipakai. Banyak juga warga yang kedapatan jogging, senam sampai yoga di taman ini. Wah, kamu bisa makin sehat kalau main ke sini.

Bisa olahraga gratis! (Ray Jordan/detikTravel)Bisa olahraga gratis! (Ray Jordan/detikTravel)


Taman Waduk Pluit pun jadi destinasi pilihan warga untuk liburan yang murah meriah. Tidak perlu sepeser pun uang yang harus dikeluarkan traveler untuk bisa menikmati aneka fasilitas di taman ini. Masuknya gratis!

Kini, Taman Waduk Pluit populer jadi lokasi tamasya warga. Mereka banyak yang menggelar tikar lalu piknik asyik bareng keluarga. Dengan pohon rindang yang sejuk, pemandangan waduk yang asri, juga rumput-rumput yang hijau, semakin membuat taman ini disukai.
 Anak-anak asyik bermain (Danu Damarjati/detikTravel) Anak-anak asyik bermain (Danu Damarjati/detikTravel)


Tapi ingat, kalau sudah selesai piknik di Taman Waduk Pluit jangan buang sampah sembarangan ya! Masukkan sampah sisa makanan ke tempat sampah yang disediakan. Pemprov DKI sudah menyediakan fasilitas terbaik untuk warganya, sudah selayaknya kita ikut menjaga kebersihan dari tempat ini.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati warga antara lain area taman bermain anak, amphiteater, hingga toilet umum. Taman yang diresmikan pada 17 Agustus 2013 ini bisa traveler kunjungi pada akhir pekan atau pada Libur Waisak esok.

Taman Waduk Pluit yang makin cantik di era Ahok (Tri Jumanto/20detik)Taman Waduk Pluit yang makin cantik di era Ahok (Tri Aljumanto/20detik)


Untuk berkunjung ke Taman Waduk Pluit, traveler bisa naik bus TransJakarta dan turun di Haltu Pluit. Dari Halte Pluit, jalan kaki saja ke arah timur kurang lebih 500 meter, traveler sudah sampai di Taman Waduk Pluit. Ayo, liburan ke taman warisan Jokowi-Ahok untuk Jakarta!

Traveler bisa melihat video di bawah ini, untuk bisa melihat lebih jelas Taman Waduk Pluit yang makin cantik di era Jokowi-Ahok:


(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED