Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mei 2017 14:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kenang-kenangan Dari Ahok: Wisata ke RPTRA Kalijodo

Bona
Redaksi Travel
RPTRA/RTH Kalijodo (Bona/detikTravel)
RPTRA/RTH Kalijodo (Bona/detikTravel)
Jakarta - Kalau dengar RPTRA Kalijodo, pasti langsung ingat Ahok. Inilah tempat nongkrong dan wisata kenang-kenangan dari Ahok semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Siapa yang tidak kenal dengan Kalijodo? Fungsinya sebagai tempat lokalisasi kini berubah jadi tempat nongkrong anak-anak sampai orang dewasa. Namanya pun berganti menjadi RPTRA/RTH Kalijodo.

Nama RPTRA/RTH diberikan supaya Kalijodo yang tadinya negatif berubah menajdi positif. RPTRA/RTH sendiri memiliki kepanjang Ruang Publik Terbuka Ramah Anak dan Ruang Terbuka Hijau.

Dua nama ini diberikan karena memang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan usia. RPTRA yang dikhususkan sebagai ruang bermain untuk anak-anak ini berada di posisi paling depan Kalijodo.

Arena bermain RPTRA KalijodoArena bermain RPTRA Kalijodo Foto: Agung Pambudhy
RPTRA/RTH Kalijodo diresmikan langsung oleh Ahok pada 22 Februari 2017 lalu. Tak hanya Ahok, Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri pun ikut menghadiri peresmian tersebut.

RPTRA/RTH Kalijodo beralamat di Jl Pangeran Tubagus Angke No19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peresmian saat itu nampak ramai. Masyarakat terlihat berdesakan untuk melihat secara langsung peresmian RPTRA/RTH Kalijodo.

Luas, nyaman dan dipenuhi mainan, RPTRA Kalijodo diharapkan menjadi tempat bermain edukatif bagi anak-anak. Orangtua tak perlu khawatir untuk menunggu, karena disediakan pula ruang tunggu, toilet dan arena pijat kaki alami di pinggir RPTRA.

Dibatasi dengan tembok besar, terdapat RTH Kalijodo yang sangat luas. Ini adalah arena bermain anak-anak usia tanggung sampai orang dewasa.

Tembok yang dipenuhi muralTembok yang dipenuhi mural Foto: Ari Saputra
Tembok besar yang membatasi RPTRA dan RTH tak dibiarkan polos begitu saja. Dinding tinggi ini menjadi tempat kreasi bagi para anak muda yang hobi menggambar atau mural.

Tak perlu bayar, anak-anak muda bisa puas menggambar mural sesuai dengan imajinasinya. Asalkan bebas dari SARA ya.

Maju sedikit, ada bangunan besar yang dijadikan aula bersama dan toilet. Biasanya tempat ini digunakan sebagai ruang tunggu atau acara-acara promosi yang mengundang keseruan. Misalnya saja joget bersama.

Di depan bangunan besar ini terdapat lapangan dengan konsep 3D. Wih, keren deh! Pembangungan RPTRA/RTH Kalijodo ini dibangun dengan dana CSR PT Sinarmas yang logonya tersemat di bawah tulisan RPTRA Kalijodo.

Mulai dari anak-anak usia tanggung sampai orang dewasa bebas untuk unjuk gigi di lapangan ini. Karena konsepnya yang 3D, membuat lapangan ini asyik banget buat main skateboard atau sepeda BMX.

Lapangan 3D yang digunakan untuk bermain sepeda dan skateboardLapangan 3D yang digunakan untuk bermain sepeda dan skateboard Foto: Bona/detikTravel
Di sekitar RTH terdapat pohon-pohon muda yang baru ditaman. Harapannya nanti RTH Kalijodo bisa jadi tempat yang teduh. Wah, anak muda mana yang enggak betah ya kalau main ke sini.

Taman seluas 10.000 m persegi ini dibuka 24 jam lho! Kecuali RPTRA, hanya dibuka mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

RPTRA/RTH Kalijodo ini adalah pembangunan tahap pertama. Untuk tahap kedua ada Pujasera yang sudah aktif beroperasi beberapa waktu lalu.

Tempat kuliner di KalijodoTempat kuliner di Kalijodo Foto: Rachman Haryanto
Pengunjung yang lapar bisa wisata kuliner di sini. Ini adalah wisata kuliner binaan UKM Kalijodo. Semua jenis makanan tersedia lengkap. Tinggal pilih sesuai selera.

Pembangunan Pujasera ini adalah pembangunan Kalijodo tahap kedua. Nantinya akan dibangun masjid di seberang jalan sebagai pembangunan tahap ketiga .

Semoga, setelah ditinggal Ahok, pembangunan RPTRA/RTH Kalijodo tahap ketiga akan tetap dijalankan. Pemimpin Jakarta harus memperhatikan pariwisata, setuju? (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.