Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mei 2017 15:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Hari Kebangkitan Nasional, Kenali Lebih Dekat Ki Hajar Dewantara

Redaksi Travel
Museum Kebangkitan Nasional sedang menggelar pameran sejarah Ki Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)
Museum Kebangkitan Nasional sedang menggelar pameran sejarah Ki Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)
Jakarta - Tiap 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Mari datang ke Museum Kebangkitan Nasional, untuk mengenal sejarah sekaligus Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia saat dijajah Belanda. Dia dikenal sebagai pelopor pendidikan, yang berjuang melawan penjajah. Dia berjuang dengan otak, bukan otot.

Dia mendirikan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk belajar. Dia pun sempat mengenyam pendidikan di STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlands Artsen) yang gedungnya kini adalah Museum Kebangkitan Nasional.

"Sekarang sedang ada Pameran Ki Hajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya. Semua informasi tentang Ki Hajar Dewantara ada di sini, sejarah hidupnya ada," ujar Edukator Musuem Kebangktian Nasional, Houzin kepada detikTravel di Museum Kebangkitan Nasional di Jl Abdul Rahman Saleh No 26, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Pantauan detikTravel, terlihat berbagai informasi tentang Ki Hajar Dewantara di dinding-dinding museum. Terdapat pula brosur yang berisikan informasi singkat tentang Menteri Pendidikan pertama Indonesia itu.

Berbagai informasi tentang KI Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)Berbagai informasi tentang Ki Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)


Tas yang pernah dipakai KI Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)Tas yang pernah dipakai Ki Hajar Dewantara (Syanti Mustika/detikTravel)


"Karena Ki Hajar Dewantara pernah belajar di STOVIA dan salahs atu tokoh 3 Serangkai, pameran tentang dirinya adalah salah satu bentuk penghargaan. Pameran ini sudah dari 22 April sampai 31 Mei mendatang," kata Houzin.

Tiket masuk untuk melihat pamerannya hanya Rp 2.000. Mari datang ke sana untuk mengenal Ki Hajar Dewantara dan meresapi perjuangannya dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya bukan?

Tampak depan Museum Kabangkitan NasionalTampak depan Museum Kabangkitan Nasional (Afif/detikTravel)
(aff/msl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.