Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Jun 2017 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Tertua di Lombok, Tak Sembarang Orang Bisa Masuk

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Masjid Bayan Beleq di Lombok Utara (Afif/detikTravel)
Masjid Bayan Beleq di Lombok Utara (Afif/detikTravel)

FOKUS BERITA

Masjid Unik Indonesia
Lombok Utara - Lombok tak melulu tentang pantai, tapi juga wisata religi Islam. Menariknya, di Lombok ada masjid unik bersejarah yang tak bisa dimasuki sembarang orang.

Adalah Masjid Kuno Bayan Beleq, salah satu objek wisata religi di Lombok Utara yang sudah berdiri sejak abad ke-15. detikTravel pun sudah pernah datang langsung ke sana beberapa waktu lalu.

Beralamat di Desa Bayan, Masjid Kuno Bayan Beleq kerap dikunjungi oleh para peziarah Muslim. Sebagai Bangunan Cagar Budaya, masjid yang satu ini memang masih tampak begitu asli dan otentik.

Bentuk Masjid Bayan Beleq yang masih otentik (Afif/detikTravel)Bentuk Masjid Bayan Beleq yang masih otentik (Afif/detikTravel)


Usut punya usut, bangunan Masjid Kuno Bayan Beleq masih dipertahankan keasliannya hingga kini. Dindingnya masih terbuat dari bambu dan tumpukan jerami menjadi bagian atapnya. Bahkan, bagian puncak masjidnya masih berbentuk satu tiang. Hal itu berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya yang berbentuk bintang dan bulan sabit.

BACA JUGA: Berayun di Kuta Lombok

Tidak hanya tampak luar, tapi bagian dalam Masjid Kuno Bayan Beleq pun masih dipertahankan keasliannya. Pintu masjidnya tidak pernah dibuka tiap saat, karena hanya pemuka-pemuka agama saja dari perwakilan tiap daerah yang boleh masuk ke dalam masjid.

Interior dalam Masjid Bayan Beleq yang beralaskan tanah (Afif/detikTravel)Interior dalam Masjid Bayan Beleq yang beralaskan tanah (Afif/detikTravel)


Bukan apa-apa, hal itu dikarenakan bagian dalam masjid hanya mampu menampung 40 jamaah. Hal itu juga dilakukan untuk menghindari kecemburuan sosial dari umat Muslim di Lombok. Oleh sebab itu, hanya pemuka agama saja yang boleh masuk untuk mewakili masyarakat dari daerah asalnya.

BACA JUGA: Ini 2 Pantai Cantik di Lombok Utara yang Belum Banyak Orang Tahu

Lalu, bagian lantai masjid juga ternyata masih beralaskan tanah. Tidak ada keramik atau lantai marmer mewah yang menghiasi lantainya. Lantainya benar-benar masih tanah yang berwarna cokelat.

Bedug tradisional dalam Masjid Bayan Beleq (Afif/detikTravel)Bedug tradisional dalam Masjid Bayan Beleq (Afif/detikTravel)


Masih di bagian dalam masjid, terdapat bedug untuk menandakan waktu salat. Meski bangunannya terbilang sangat tradisional, suasana sejuk begitu terasa di sekitar area masjidnya.

Bicara soal sejarah, masjid ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh Sunan Prapen. Dialah yang menyebarkan Islam pertama kali di Lombok, yang kala itu Lombok masih dijajah oleh Kerajaan Karangasem dari Bali.

Papan informasi Masjid Bayan Beleg (Afif/detikTravel)Papan informasi Masjid Bayan Beleg (Afif/detikTravel)


Oleh sebab itu, Masjid Kuno Bayan Beleq pun disebut sebagai masjid tertua di Lombok. Di tahun 1993, masjid ini ditetapkan sebagai benda cagar budaya dan dilindungi pemerintah.

Kalau Anda kebetulan sedang mampir ke Lombok saat bulan Ramadan ini, jangan lupa sekalian mampir ke masjid ini ya! (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Masjid Unik Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Lokomotif Tertua di Blora

Kamis, 18 Jan 2018 21:58 WIB

Liburan akhir pekan ke Blora, ada atraksi baru yang bisa traveler coba, namanya Loco Tour. Traveler akan diajak jalan-jalan dengan lokomotif tertua di Blora.