Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Jun 2017 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Si Cantik Sophie Rickmers, Pesona Bawah Lautan Sabang

Kamal Shahab
detikTravel
Kalau diving di Sabang jangan lupa mampir ke wreck kapal Sophie Rickmers (Kamal/detikTravel)
Kalau diving di Sabang jangan lupa mampir ke wreck kapal Sophie Rickmers (Kamal/detikTravel)
Sabang - Di balik laut Sabang yang tenang, tersembunyi pesona reruntuhan Kapal Sophie Rickmers yang mengagumkan. Kamu yang jago diving mesti mampir ke spot satu ini.

Sophie Rickmers merupakan kapal kargo yang tergolek sendiri di pasir dasar laut Sabang yang dalam. Kapal yang dikelilingi air laut berwarna biru nan pekat ini, merupakan kapal uap dengan panjang lebih kurang 134 meter buatan Jerman, yang ditenggelamkan oleh awak kapalnya pada tahun 1940.

"Banyak penyelam, yang ingin merasakan dan bertatap muka langsung dengan kemegahan Sophie Wreck ini. Namun, tak semua bisa melakukannya. Kediaman Sophie Wreck yang berada di kedalaman lebih dari 50 meter, mewajibkan hanya diver bersertifkasi dan sudah memiliki jam selam lebih dari 50 kali yang bisa menyelaminya," kata Isfan Dodent, pemilik Rubiah Tirta Diver, salah satu operator selam di Sabang kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Misteri Kapal Sophie Rickmers di Sabang, Ada Harta Karun?

Menyelami Sophie Rickmers juga tidak boleh sembarangan. Para penyelam harus pintar-pintar mengatur persediaan oksigen selama menjelajahi wreck kapal tersebut.

"Konsumsi nafas yang tidak boros, membawa dua tabung, dan yang paling penting fisik dan mental yang harus kuat," imbuh Isfan.

Isfan Dodent sedang menjelaskan rencana penyelaman (Kamal/detikTravel)Isfan Dodent sedang menjelaskan rencana penyelaman (Kamal/detikTravel)

Menyelami Sophie Wreck bukan perihal mudah, penyelam harus langsung turun dari kapal dan langsung melakukan penyelaman dengan bantuan tali yang langsung menuju ke Sophie. Tali pembantu dalam penyelaman terbentang sedalam 42 meter dari permukaan laut.

Berbeda dengan penyelaman biasanya, penyelam masih bisa melihat karang di sekitarnya. Saat penyelam bertemu dengan Sophie di kedalaman 50 meter, sejauh mata memandang, hanyu laut biru yang terlihat, serta beberapa ikan yang berenang dengan tenang.

Menyelami Sophie Rickmers butuh ketenangan (Kamal/detikTravel)Menyelami Sophie Rickmers butuh ketenangan (Kamal/detikTravel)

Kini Sophie menjadi idola para penyelam yang sudah berpengalaman untuk dijadikan bucket list dalam penyelaman. Sophie yang berada di dasar laut, sudah siap untuk menunggu kehadiran para penyelam yang ingin melihat kemegahan Sophie di Sabang dari jarak dekat.

BACA JUGA: Titanic Rasa Indonesia: Wreck Sophie Rickmers di Sabang (rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED