Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jul 2017 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Priya Laot, Destinasi Wisata Sejuk di Sabang

Datuk Haris Molana
Redaksi Travel
Foto: Air Terjun Priya Laot di Sabang (Datuk Haris Molana/detikTravel)
Foto: Air Terjun Priya Laot di Sabang (Datuk Haris Molana/detikTravel)
Sabang - Kota Sabang tidak hanya punya pantai dan tugu Titik Nol Kilometer Indonesia. Di sana juga ada ada Air Terjun Priya Laot yang sejuk dan romantis.

Tersembunyi di balik lebatnya hutan tropis, Air Terjun Priya Laot ibaratnya oase yang menyegarkan traveler yang datang ke sana. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Sabang.

Menuju ke lokasinya tidak terlalu sulit. Dengan menggunakan kendaraan, hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Sabang. Air terjun itu diambil dari nama desa tempatnya berada, yaitu Desa Priya Laot, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh. Hulunya berada di Gunung Sarung Keris yang terletak di selatan pulau Weh.

Suasanya hijau dan sejuk (Datuk Haris Molana/detikTravel)Suasanya hijau dan sejuk (Datuk Haris Molana/detikTravel)
Jika ingin ke tempat pemandian, dari persimpangan para wisatawan akan masuk menuju jalan setapak. Di ujung jalan, traveler harus terlebih dahulu memarkirkan kendaraaanya.

Setelah itu, pelancong wajib jalan kaki sekitar 1 km menuju lokasi. Sambil berjalan, traveler bisa memandangi hutan tropis yang menyelimuti air terjun satu- satunya di kota ujung barat Indonesia itu.

Kalau tidak masuk menuju jalan setapak itu, traveler bisa menuju tempat wisata lainnya seperti Pantai Iboih, Pantai Pasir Putih hingga ke Tugu Nol Kilometer Indonesia. Jalanannya menakjubkan, berkelok, menanjak dan diapit oleh gugusan pantai-pantai yang super mempesona.

Tak sedikit traveler yang main air di sini (Datuk Haris Molana/detikTravel)Tak sedikit traveler yang main air di sini (Datuk Haris Molana/detikTravel)
Ketinggiannya tidak seperti air terjun lainnya, hanya sekitar 10 meter. Kalau sudah mandi di sana dan berdiri di bawah curahan air terjun dengan kolam sedalam 1 hingga 2 meter itu, dijamin memberikan kesegaran bagi tubuh. Tentunya sambil menikmati sejuknya udara hutan, salah satu hal yang patut dicoba.

"Seru pokoknya. Saya mandinya malah berjam-jam. Apalagi kalau pas berada di bawah kucuran air terjun. Nikmat abis," kata Fandi, wisatawan asal Lhokseumawe, kepada detikTravel, Selasa kemarin (4/7/2017).

Menurut Fandi, tempatnya cukup membahana. Namun, jalan setapak menuju ke sana harus dibenahi oleh pemerintah setempat.

"Jalan setapaknya sudah pada rusak. Kata warga, jalan itu rusak akibat diterjang banjir bandang beberapa tahun silam. Pemerintah Kota Sabang harus segera memperbaikinya agar para wisatawan ke sana sudah enak dan aman," tutup Fandi. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Ini Raja Ampat

Selasa, 22 Agu 2017 10:10 WIB

Wayag merupakan salah satu pulau di kawasan Raja Ampat. Kecantikannya bakal bikin kamu betah berlama-lama.