Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jul 2017 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Mobil Tucuxi Dahlan Iskan yang Jadi Primadona Museum Angkut

Muhammad Aminudin
Redaksi Travel
Mobil Tucuxi Dahlan Iskan yang menyita perhatian di Museum Angkut (Budi Sugiharto/detikTravel)
Mobil Tucuxi Dahlan Iskan yang menyita perhatian di Museum Angkut (Budi Sugiharto/detikTravel)
Batu - Ada koleksi Museum Angkut yang jadi pusat perhatian wisatawan. Mobil Tucuxi Dahlan Iskan yang bentuknya tak utuh lagi, tapi tetap menarik karena kisahnya.

Museum Angkut telah menjadi favorit pilihan jika tengah berwisata di Kota Batu, selain memiliki beragam wahana, museum ini turut memiliki puluhan koleksi kendaraan. Salah satunya banyak menyita perhatian pengunjung adalah mobil listrik Dahlan Iskan atau dikenal Tucuxi.

Mobil sport warna merah dengan model mirip Ferari ini terpajang dengan kondisi terakhir pasca dikemudikan mantan Menteri BUMN di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Oleh wisatawan, mobil Tucuxi ini selalu dijadikan sebagai tempat pilihan berswafoto.

Dari pantauan detikTravel, Rabu (5/7/2017), kondisi mobil ini sudah tidak sempurna lagi. Kaca mobil sudah hilang, bagian depan terutama bagian kanan mobil mengalami kerusakan parah.

Bagian depan mobil Tucuxi ini ringsek parah (Budi Sugiharto/detikTravel)Bagian depan mobil Tucuxi ini ringsek parah (Budi Sugiharto/detikTravel)


Atapnya juga sudah bolong, pelek roda kanan juga penyok sebagai dampak dari tabrakan di Magetan tahun 2013 lalu. Meski kondisinya sudah 'berantakan', tetapi mobil Tucuxi ini tetap dipajang di lantai dua museum, bersanding dengan mesin-mesin ramah lingkungan.

Tucuxi memang mobil handal, dan tidak salah jika banyak menarik perhatian pengunjung. Dalam kondisi prima, mobil ini memiliki baterai listrik yang harus dicas selama 3-5 jam untuk sampai dalam keadaan penuh.

Wisatawan banyak yang penasaran soal mobil ini (Budi Sugiharto/detikTravel)Wisatawan banyak yang penasaran soal mobil ini (Budi Sugiharto/detikTravel)


Sekali baterai penuh, mobil Tucuxi bisa melaju sampai 321 km dengan kecepatan maksimum sekitar 200 km per jam. Wow, kencangnya..

Pasca mengalami kecelakaan dan tidak dioperasikan kembali, Tucuxi ini pun kemudian disumbangkan Dahlan Iskan kepada Museum Angkut. Untuk menambah ratusan koleksi mobil antiknya.

Kini traveler bisa melihat mobil Tucuxi ini bila berkunjung ke Museum Angkut di Batu. Kalau sudah ke sini, jangan lupa foto-foto dengan Tuxuci ya!
 Mobil ini pun jadi primadona baru di Museum Angkut (Budi Sugiharto/detikTravel) Mobil ini pun jadi primadona baru di Museum Angkut (Budi Sugiharto/detikTravel)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED