Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Agu 2017 22:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ubur-ubur Tak Menyengat di Indonesia, Ada di 3 Tempat Ini

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban (Afif Farhan/detikTravel)
Ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban (Afif Farhan/detikTravel)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
Derawan - Ada 3 destinasi di Indonesia yang mempunyai ubur-ubur tak menyengat. Rasa bangga tersirat karena Indonesia tercinta menjadi rumah hewan lucu yang langka itu.

Biasanya, berenang bersama ubur-ubur terdengar menyeramkan karena hewan itu menyengat. Sengatannya pun perih seperti terkena api.

Dihimpun detikTravel, Kamis (17/8/2017), hewan unik ini mendiami destinasi di Kalimantan hingga Papua. Berikut 3 lokasi buat berenang asyik bareng ubur-ubur tak menyengat:

1. Misool, Papua Barat

Satu lagi tempat yang tak kalah asyik untuk snorkeling bareng ubur-ubur adalah Misool, Raja Ampat. Selain memiliki pemandangan bawah laut dengan aneka ikan dan terumbu karang yang luar biasa, Misool pun memiliki danau air asin yang jadi rumah bagi ubur-ubur tanpa sengat.

Ubur-ubur Tak Menyengat di Indonesia, Ada di 3 Tempat Ini(Kurnia/detikTravel)


Tak hanya satu, tapi ada sekitar 3 danau dengan ubur-ubur di Misool, seperti Lenmakana dan Karawapu. Wisatawan tinggal pilih saja ingin mendatangi danau yang mana.

2. Kakaban, Kalimantan Timur

Di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur, ada Danau Kakaban yang begitu spesial. Danau itulah yang menjadi tempat tinggal ubur-ubur tak menyengat. Lokasinya sekita 45 menit naik perahu dari Pulau Derawan.

Ubur-ubur Tak Menyengat di Indonesia, Ada di 3 Tempat IniFoto: (Bonauli/detikTravel)


Traveler bisa menemui 4 jenis ubur-ubur tanpa sengat, misalnya ubur-ubur terbalik dan ubur-ubur transparan. Menurut pemandu wisata setempat, hewan unik tersebut aman didekati, kalau ingin mencoba menyentuhnya dengan lembut pun boleh. Yang penting jangan digenggam dan diangkat ke luar air.

3. Togean, Sulawesi Tengah

Selain Kakaban, Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah juga punya ubur-ubur tak menyengat. Lokasi berenang bareng ubur-ubur yang tak berbahaya ini tidak terlalu jauh dari Pulau Kadidiri.

Sama seperti di Kakaban, di Kepulauan Togean hewan tersebut juga tinggal di danau. Ubur-ubur di sini tampak hidup bebas dan berenang ke sana-sini. Warnanya terlihat putih kecoklatan dan bisa dipegang pula.

Ubur-ubur Tak Menyengat di Indonesia, Ada di 3 Tempat IniFoto: (Teddy Setiawan/Youtube)


(msl/aff)

FOKUS BERITA

Bangga Indonesia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.