Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Agu 2017 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Dalam Negeri Mana Saja yang Jadi Favorit Open Trip?

Ilustrasi Kepulauan Seribu (retnoayuam_@d'Traveler)
Jakarta - Open Trip menjadi solusi bagi traveler yang ingin liburan. Di dalam negeri, di mana sih destinasi wisata favorit untuk Open Trip?

Dihimpun detikTravel, Kamis (24/8/2017), ada beberapa destinasi favorit di dalam negeri untuk Open Trip. Destinasi itu mulai dari pulau, spot snorkeling hingga mendaki gunung.

Bagi warga Jakarta, pulau-pulau di Kepulauan Seribu masih menjadi favorit. Destinasi wisata di sekitar Bandung pun menjadi salah satu favorit pula. Hal itu diucapkan oleh Verdy yang mulai membuka usaha bernama Open Trip Indonesia bersama 7 kawannya beberapa tahun lalu.

Dalam hal perjalanan, rata-rata pelanggannya menginginkan harga terjangkau namun bisa menikmati beberapa destinasi.

"Kita masih konsen dengan orang Indonesia yang menginginkan harga murah dan spotnya bagus. Biasanya kita ke Kepulauan Seribu, banyak peminatnya," kata Verdy saat dihubungi detikTravel via sambungan telepon, Rabu (23/8) malam.

Bahkan, dalam sekali perjalanan bisa mengakomodir sampai dengan 400 orang. Pulau Seribu dipilih karena memiliki banyak destinasi seperti Pulau Kelor, Sipir, dan Onrust.

"Kita trip juga belajar sejarah di Benteng Martelo, Pulau Kelor dan bekas bangunan Belanda VOC di Onrust. Konsepnya ada guidenya dan memberitahu sejarah juga," kata Verdy.

Ada pula destinasi-destinasi sekitar Kota Bandung yang menjadi primadona Open Trip. Karena wilayah ini memiliki Maribaya, farm house, Floating Market yang semuanya ada di Lembang.

"Kalau diving mereka ingin ke Pahawang, Lampung karena ikan nemonya banyak dan spotnya masih bagus. Di Jateng Yogya ada juga tapi tidak terlalu seantusias sebelumnya karena peminatnya cuma 10-15 orang saja," jelas Verdy.

Kalangan peserta open trip bisa dikatakan variatif untuk semua umur. Karena di dalam perjalanannya, Verdy biasa membawa remaja umur 19-25 tahun. Yang paling tua sampai 50 tahun hingga balita 9 bulan.

"Kalau ke gunung kita punya Sahabat Indonesia Open Trip. Biasanya, gunung yang menjadi rujukan perjalanannya itu di Papandayan, Bromo, Dieng, hingga Semeru. Kita patuhi peraturan sampai ke batasnya saja, safety first-lah," pungkas Verdy.

Selain destinasi di atas, masih ada beberapa rujukan tempat yang tergolong favorit dalam Open Trip. Destinasi itu antara lain ke Bali, Belitung, Derawan, Karimunjawa, hingga Krakatau. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA