Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Agu 2017 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menyeberang ke Tebedu di Malaysia, Bisa Ngapain Saja?

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Pos Lintas Batas Tebedu Malaysia (Rachman Haryanto/detikTravel)
Pos Lintas Batas Tebedu Malaysia (Rachman Haryanto/detikTravel)
Tebedu - Entikong bersebelahan langsung dengan Tebedu, Malaysia. Traveler pun tak sedikit yang menyeberang ke Tebedu buat wisata.

Kecamatan Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia. Setelah melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong yang kini sudah megah, traveler bisa langsung memasuki kawasan Tebedu yang merupakan pintu masuk ke Negara Bagian Sarawak, Malaysia.

Warga Entikong serta turis yang tengah berkunjung ke sana tak jarang menyeberang ke Tebedu. Di Tebedu biasanya traveler sekadar bersantap atau belanja, kemudian kembali lagi ke Entikong di hari yang sama.

detikTravel bersama tim Tapal Batas detikcom, pada Sabtu (15/7/2017) lalu berkesempatan mengunjungi PLBN Entikong. Di akhir pekan itu PLBN cukup ramai dengan traveler yang hilir mudik, baik dari Entikong ke Tebedu maupun sebaliknya.

BACA JUGA: Melihat Perbedaan Pos Lintas Batas Entikong dengan Tebedu Malaysia

Mereka memanfaatkan akhir pekan untuk berlibur ke negara tetangga yang jaraknya memang begitu dekat dengan Entikong. Salah satunya Lili, yang saat itu baru saja kembali dari wisata ke Tebedu.

"Sampai Tebedu ada tempat makan, tempat belanja Guan Tai. Boleh tanpa paspor," ujat Lili.

detikTravel bersama tim Tapal Batas detikcom pun hari itu berkesempatan menyeberang ke Tebedu. Saat itu, waktu telah menunjukkan sekitar pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA: Perbatasan Entikong yang Megah, Jadi Favorit Turis Buat Foto-foto

Kami berniat untuk menyeberang sebentar saja dan kembali sebelum pukul 17.00 WIB. Karena memang PLBN Entikong sehari-harinya buka hingga pukul 17.00 WIB.

Kami mulai berkendara melewati PLBN Entikong dan masuk wilayah Custom Immigration and Quarantine (CIQ) Tebedu. Setelah melewati pos perbatasan itu, tibalah kami di jalan raya yang beraspal mulus, dengan kanan kirinya pemandangan perbukitan dan satu dua bangunan.

(Rachman Haryanto/detikTravel)(Rachman Haryanto/detikTravel)


Tak sampai 10 menit, kami tiba di Supermarket Sin Guan Tai. Namun kami tak jadi masuk karena supermarket sudah bersiap tutup. Kami pun melanjutkan perjalanan sedikit lebih jauh.

Ada lagi tempat belanja bertuliskan Guan Tai Company, tapi kali ini bangunannya lebih kecil. Berhubung tokonya masih buka, kami menyempatkan masuk dan berbelanja. Barang yang dijual di sini mulai dari makanan, minuman hingga kebutuhan rumah tangga.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)


Benar saja, di sini menerima pembayaran tak hanya Ringgit tapi juga Rupiah. Namun kalau bayar pakai Rupiah waktu itu kembaliannya mendapat Ringgit.

Setelah itu, kami bersiap kembali pulang ke Entikong. Di perjalanan, tak jauh dari Guan Tai ini ada sejumlah spot foto yang menarik traveler buat berhenti sejenak dan berfoto di sana.

Seperti lapangan hijau dengan menara berwarna kecoklatan. Selebihnya sama seperti saat datang tadi, pemandangan perbukitan hijau yang menemani perjalanan kami.

Simak terus cerita jelajah Kabupaten Sanggau termasuk kawasan Entikong di Tapal Batas detikcom! https://tapalbatas.detik.com/

Yuk tonton dulu video wisata ke Tebedu berikut ini:

(krn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED