Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Sep 2017 15:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Kuliner di Resto Paling Instagenic di Pekanbaru

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Sultan Resto yang instagrammable (Fitraya/detikTravel)
Sultan Resto yang instagrammable (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Long Weekend Idul Adha
Jakarta - Long weekend Idul Adha ke Pekanbaru ada destinasi wisata kuliner baru yang asyik didatangi. Suasananya bergaya Kesultanan Siak dan instagrammable banget!

Sultan Resto beralamat di Jl Ronggowarsito No 12, Pekanbaru. Ini adalah destinasi wisata kuliner baru yang diresmikan oleh Bupati Siak H Syamsuar dan Walikota Pekanbaru H Firdaus, 23 Mei 2017. detikTravel berkunjung ke tempat ini pekan lalu.

Kenapa sampai 2 kepala daerah meresmikan restoran ini? Begitu masuk ke restoran, pertanyaan itu langsung terjawab. Sultan Resto punya desain interior bergaya Kesultanan Siak yang klasik. Wajar kalau Bupati Siak dan Walikota Pekanbaru meresmikan tempat ini.

Tampak depan Sultan Resto (Fitraya/detikTravel)Tampak depan Sultan Resto (Fitraya/detikTravel)


Dari luar, cat warna kuning khas Melayu tampil dominan. Ornamen dekorasi atap juga menampilkan ciri khas Siak. Warna kuning, berpadu dengan kayu yang dicat coklat dan tampil sebagai aksen.

Dinding di dalam restoran tampil dengan dominan warna putih gading, berhias peta dan foto istana, silsilah dan raja-raja Siak. Sambil menunggu makanan, kita jadi bisa belajar sejarah Pekanbaru dan Siak. Jendela kayu yang lebar dan besar seolah membawa kita ke zaman Kesultanan Siak. Apalagi ada ubin-ubin zaman dulu menjadi penghias dinding.

Sultan Resto juga punya gimmick interaktif berupa pajangan motor tua Auto Union DKW dan telepon tua. Traveler bisa berfoto dengan gaya naik motor atau pura-pura menelepon.

BACA JUGA: Kopi Legit, Mie Unik dan Roti Renyah di Pekanbaru

Nah bagaimana dengan makanannya? Menu andalannya adalah Gulai Ikan Patin Asam Pedas Sultan. Ikan asam pedas adalah menu khas Melayu yang lezat. Ada lagi Dendeng Kering Cabe Merah, Kepiting Saus Sultan, Gurame Goreng Selayang Pandang, Kerapu Kecap Sultan, dan Belut Cabe Hijau.

Wah, banyak banget menu yang menggugah selera ya. Harganya juga terjangkau, mulai Rp 25 ribu sampai Rp 40 ribu untuk menu-menu ikan. Gulai Asam Pedas harganya Rp 80 ribu, yang paling mahal aneka kepiting dari Rp 125 ribu-Rp375 ribu.

Gulai ikan asam pedas (Fitraya/detikTravel)Gulai ikan asam pedas (Fitraya/detikTravel)


"Tempatnya instagrammable banget dan ikan asam pedasnya enak," ujar Sri Hartini, seorang pengunjung.

Sultan Resto terdiri dari dua lantai. Lantai atas berisi ruangan makan sambil meeting dan private function. Pelayan resto mengatakan ruangan ini laris manis dipesan untuk grup yang menggelar kegiatan buka puasa dan makan bersama bulan Ramadan kemarin.

Sultan Resto bisa menjadi pilihan wisata kuliner saat long weekend Idul Adha ke Pekanbaru. Selain santap lezat, jangan lupa foto-foto dengan nuansa klasik Kesultanan Siak. (fay/aff)

FOKUS BERITA

Long Weekend Idul Adha
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.