Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Okt 2017 13:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Syahdu, Sholat Jumat di Masjid Terbesar Sumatera Barat

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Masjid Raya Sumatera Barat di Padang (Randy/detikTravel)
Foto: Masjid Raya Sumatera Barat di Padang (Randy/detikTravel)
Padang - Sholat Jumat tentu tidak boleh dilewatkan oleh traveler Muslim. Bagi yang sedang liburan ke Sumatera Barat, wajib mampir ke masjid yang satu ini.

Adalah Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, masjid terbesar yang menjadi ikon dari tanah Minang. Walau belum rampung 100%, tapi masjid ini sudah beroperasi untuk menampung umat.

Bagi kamu traveler yang tengah berkunjung ke Padang, tentu tak sulit untuk menemukan masjid ini. Dari kejauhan, arsitektur modern khas Minang yang ditandai dengan bentuk gonjong sudah mencuri perhatian.

Masjid terbesar di Sumatera Barat (Randy/detikTravel)Masjid terbesar di Sumatera Barat (Randy/detikTravel)
detikTravel pun berkesempatan mampir ke sana untuk melaksanakan sholat Jumat bersama dengan para pemenang kompetisi foto #MudikSeruAP2 dan Disparbud Sumbar tepat hari Jumat pekan lalu (30/10/2017).

Jam menunjukkan pukul 12 lewat, kerumunan mobil pun mulai menyemut di area parkir dan sekitar masjid. Dari empat penjuru arah, masyarakat Padang tampak berjalan santai menuju masjid. Tidak lupa juga peci yang sudah menempel di kepala.

Siang itu udara di Padang sedikit panas, tapi tidak menyurutkan semangat umat untuk menjalankan sholat Jumat. Arsitektur masjid yang khas Minang dengan dindingnya yang dihiasi ukiran tempat Al-Quran.

Memiliki desain gonjong dengan ukiran tempat Al-Quran (Randy/detikTravel)Memiliki desain gonjong dengan ukiran tempat Al-Quran (Randy/detikTravel)
Kurang dari setengah jam, ruang sholat di dalam masjid pun sudah terisi oleh umat. Di luarnya, tak sedikit umat hingga wisatawan yang masih mengabadikan keindahan masjid lewat kamera ponsel masing-masing.

Namun selain bentuknya yang sangat khas Minang, Masjid Raya Sumatera Barat diketahui juga tahan gempa. Kabarnya, masjid itu didesain tahan gempa hingga 10 skala richter. Fitur itu pun dibuat setelah belajar dari gempa dan tsunami yang menimpa Mentawai tahun 2010 silam.

Secara kapasitas, masjid terbesar di Sumatera Barat ini dapat menampung hingga 20 ribu umat. Ya, komplek masjid ini memang begitu luas. Wajib mampir kalau sedang liburan ke Sumatera Barat. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.