Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Des 2017 08:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta, ke Sini Saja

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Flying Fox Mertelu Gunungkidul (Usman Hadi/detikTravel)
Foto: Flying Fox Mertelu Gunungkidul (Usman Hadi/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Yogyakarta - Liburan akhir tahun di Yogyakarta, ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Yogya dan kota sekitarnya tak pernah kehabisan spot asyik untuk traveler.

Provinsi DI Yogyakarta sudah jadi langganan, dari tahun ke tahun sebagai destinasi liburan saat akhir tahun. Spot-spot ternama seperti Alun-alun Kidul Yogya, Malioboro, Tugu Yogya, Kaliurang, pasti jadi pusat-pusat keramaian.

Kamu yang mau liburan anti mainstream di Yogya, sebaiknya menghindari spot-spot tersebut. Alih-alih, pilihlah spot baru yang direkomendasikan detikTravel berikut ini.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (21/12/2017), inilah 5 spot baru untuk liburan akhir tahun di Yogya:

1. Flying fox terpanjang se-Asia Tenggara

Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta, ke Sini SajaFoto: (Usman Hadi/detikTravel)
Terletak di Gunungkidul, Flying Fox Mertelu punya panjang hingga 625 meter. Traveler akan dibawa meluncur dengan kecepatan sampai 80 km per jam. Inilah flying fox yang disebut-sebut terpanjang se-Asia Tenggara.

Tapi jangan takut, jaminan fasilitasnya yang berstandar internasional. Teknologi yang digunakan mengadopsi teknologi Prancis. Sementara tali lintasan didatangkan langsung dari Inggris. Sangat aman pastinya.

Flying Fox Mertelu berada persis di Puncak Green Village Gedangsari, Gunungkidul.

2. Puncak Becici, Bantul

(Usman Hadi/detikTravel)(Usman Hadi/detikTravel)
Puncak Becici di Bantul jangan sampai terlewatkan oleh traveler. Inilah spot wisata yang dikunjungi mantan Presiden AS Barack Obama saat kunjungannya ke Indonesia bulan Juni lalu.

Lokasi Puncak Becici ada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Di sini ada banyak spot-spot foto narsis, dari sarang burung hingga rumah marsupilami. Seru sekali!

3. Gumuk Pasir, Bantul

(Usman/detikTravel)(Usman/detikTravel)
Kamu yang bermimpi menginjakkan kaki di padang pasir Jazirah Arab bisa memulainya dari spot ini. Gumuk Pasir Pantai Parangtritis. Di sini disediakan juga aneka spot foto kekinian.

Traveler cukup membayar Rp 5 ribu per orang untuk bisa main pasir sepuasnya. Jangan lupa jajal seluncuran pasir ayang akan membuat kita kembali ke masa kecil. Asyiknya!

4. Goa Girisubo, Gunungkidul

Satu spot baru lagi yaitu Goa Girisubo. Lokasi goa ini berada di wilayah Girisubo, Gunungkidul. Goa ini dihiasi dengan stalagtit dan stalagmit yang menawan. Sangat indah dan masih alami!

Tapi traveler mesti berhati-hati, lebih baik kalau ke sini ditemani dengan pemandu warga lokal yang sudah paham betul daerah ini agar lebih aman.

5. Jelajah sisi lain Malioboro

Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta, ke Sini SajaFoto: (Kurnia/detikTravel)
Sebenarnya masih ada banyak sisi lain dari Malioboro yang sangat termasyhur di Yogya. Traveler bisa berjalan-jalan menyusuri kawasan Chinatown yang rupanya berada tidak jauh dari kawasan ini. Sayang, bangunan ini sudah mulai banyak yang rusak.

Berjalan ke titik nol Yogya di selatan Malioboro, kita akan menjumpai gedung bergaya Eropa yang dikenal sebagai Gedung Bank Indonesia (BI). Awalnya gedung ini adalah kantor De Javasche Bank (DJB) yang sempat difungsikan sebagai kantor perusahaan dengan komoditas gula.

Tak jauh dari situ ada Benteng Vredeburg, salah satu loji yang dibangun pemerintah kolonial dengan dalih untuk melindungi kota, meski tujuan sebenarnya demi mengawasi pergerakan sultan dan warganya. Menjelajahi sisi lain Malioboro ini jadi keseruan liburan akhir tahun bagi traveler. (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Desa Bali Ini Anti Poligami

Sabtu, 24 Feb 2018 13:30 WIB

Desa Penglipuran di Bali tidak hanya indah, tapi juga punya aturan adat yang ketat. Salah satunya adalah tidak boleh berpoligami.