Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jan 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di Jakarta

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi pejalan kaki (Rengga Sancaya/detikcom)
Ilustrasi pejalan kaki (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Tepat hari ini Indonesia memperingati Hari Pejalan Kaki Nasional. Buat kamu yang suka dan mau jalan kaki santai di Jakarta, ini dia 5 destinasinya.

Tanggal 22 Januari dimaknai sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional. Selain mengingatkan lagi pada masyarakat akan pentingnya jalan kaki untuk kesehatan, jalan kaki juga bisa menjadi solusi murah meriah akan kemacetan yang terjadi di ibukota Jakarta.

Faktanya, Jakarta memiliki sejumlah kawasan yang boleh dibilang sudah ramah untuk pejalan kaki. Dihimpun detikTravel, Senin (22/1/2018) berikut 5 tempat yang bisa jadi pilihan:

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di JakartaTrotoar di Melawai, Blok M (Rengga Sancaya/detikcom)

1. Blok M

Kawasan Blok M di Jakarta Selatan dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong anak muda Jakarta Selatan. Bukan tanpa alasan, kawasan Blok M punya banyak tempat jajanan yang buka hingga larut malam.

Namun tidak hanya itu, sekarang area pejalan kaki di kawasan Blok M juga telah diperlebar dan dipercantik. Cukup parkirkan kendaraan Anda di lokasi terdekat, dan lanjutkan berkeliling Blok M dengan berjalan kaki.

Selain lebih sehat, kamu juga bisa memilih aneka jajanan yang tersedia dengan santai dan nyaman. Blok M yang sekarang bukan lagi yang dulu.

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di JakartaTrotoar di Cikini (Agung Pambudhy/detikcom)

2. Cikini

Dari dulu hingga sekarang, kawasan Cikini memang asyik untuk jalan kaki. Selain memiliki banyak tempat ngopi, jalan pejalan kaki di Cikini bahkan juga dihias sedemikian rupa dengan mural. Asyik buat foto-foto!

Dengan berjalan kaki, traveler juga bisa lebih menikmati suasana dan bangunan kawasan Cikini yang asri dan bersejarah.

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di JakartaTrotoar di Jatinegara (Rengga Sancaya/detikcom)

3. Jatinegara

Dahulu kawasan Jatinegara identik dengan kemacetan dan angkot yang sering bikin macet. Namun itu dulu, sekarang Jatinegara juga sudah mulai ramah pejalan kaki.

Mulai dari daerah Kampung Melayu hingga kawasan Meester, sejumlah jalur pejalan kaki telah dirapikan dan diperlebar. Traveler pun bisa lebih leluasa berjalan kaki tanpa takut disenggol kendaraan.

Selain lebih nyaman, kamu juga bisa berwisata ke sejumlah destinasi bersejarah seperti Gereja Koinonia dan lainnya.

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di JakartaSungai di kawasan Epicentrum Kuningan (M Iqbal/detikcom)

4. Epicentrum Kuningan

Sejak awal dibangun, kawasan Epicentrum Kuningan memang ditata sedemikian rupa dengan tata kota di luar negeri. Hal itu pun tampak dari jalur pejalan kakinya yang lebar.

Traveler yang mau jalan santai di sana pun bisa memarkirkan kendaraan di Pasar Festival dan melanjutkan aktivitas dengan jalan kaki.

Pada hari libur, bahkan tidak sedikit traveler yang jogging santai di sekitar sungainya. Mau olahraga lain juga mudah, karena ada banyak fasilitas kebugaran di area Kuningan.

Hari Pejalan Kaki Nasional, Ini 5 Destinasi Buat Jalan Asyik di JakartaPelataran Museum Fatahillah (Rengga Sancaya/detikcom)

5. Kota Tua Jakarta

Selain menjadi tempat wisata, kawasan Kota Tua Jakarta juga asyik untuk jalan kaki. Nikmatilah keindahan bangunan peninggalan kolonial Belanda di Lapangan Fatahillah dengan lebih santai.

Itulah beberapa tempat rekomendasi di Jakarta yang asyik untuk dinikmati pejalan kaki. Tinggalkan kendaraan Anda, yuk mari kita nikmati Jakarta dengan berjalan kaki! (bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Penjara di Bawah Air

Sabtu, 19 Mei 2018 22:05 WIB

Pernah terbayang penjara underwater? Di Estonia ada bekas penjara yang dulunya tambang kapur dan terendam air bersih yang dipompa. Pemandangannya cantik.