Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Feb 2018 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Long Weekend Imlek di Seaworld, Ada Akuarium Ajaib

Kurnia Yustiana
detikTravel
Interactive Aquarium Seaworld (Kurnia/detikTravel)
Interactive Aquarium Seaworld (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Wisata Meriah Imlek
Jakarta - Seaworld punya akuarium baru yang unik. Akuarium itu punya 2 lubang di sisi bawah, tapi airnya tidak tumpah.

Liburan long weekend Imlek nanti, Seaworld di Ancol, Jakarta Utara asyik juga buat dikunjungi. Selain ada pertunjukan barongsai bawah laut, tentunya traveler bisa wisata edukasi sambil melihat aneka biota laut dalam beragam akuarium di sana.

Nah salah satu yang baru dan unik adalah Interactive Aquarium, yang dibuka untuk umum pada 15 Januari 2018. detikTravel melihat langsung akuarium tersebut saat berkunjung ke Seaworld pada Senin (12/2/2018) kemarin.

Ini merupakan akuarium interaktif dengan sisi depannya terdapat dua cawan berlubang, namun airnya tidak tumpah. Traveler bisa berinteraksi dengan ikan-ikan dalam akuarium dengan memasukkan tangan ke cawan tersebut.

"(Interactive Aquarium) Sebagai tambahan experience bagi pengunjung, tidak hanya menikmati dengan visual (melihat), namun juga mendapatkan sensasi berbeda yaitu interaktif terhadap biota ikan di dalamnya," ujar Rika Lestari, Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Sekilas memang tampak seperti akuarium biasa, namun kalau diperhatikan bagian bawahnya memang agak berbeda dengan dua cawan yang tampak transparan, senada dengan bagian akuarium lainnya.

Panjang akuarium mencapai 200 cm, lebar 80 cm dan tinggi 120 cm. Di dalamnya, ikan-ikan cichild berenang ke sana kemari. Cichild merupakan ikan endemik Afrika yang banyak dibudidayakan pecinta ikan hias. Ukurannya kecil dan warnanya beragam, cantik!

Sebelum memasukkan tangan dan berinteraksi dengan ikan, ada yang bikin penasaran nih. Akuarium ini berlubang, tapi air yang ada di dalamnya tidak tumpah. Kenapa ya?

"Akuariumnya bolong tapi airnya tidak tumpah merupakan bagian dari teknik ilmu fisika, yaitu dengan menghilangkan tekanan udara di dalam akuarium, dan tekanan yang ada hanya dari luar lubang," jelasnya.

Singkatnya begini, akuarium dibuat dengan sistem tertutup, bagian dalamnya tidak ada udara. Prinsip dasar akuarium menerapkan Hukum Pascal fluida statis, yaitu jika tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, tekanan pada setiap titik pada fluida akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Nah, saatnya berinteraksi dengan ikan-ikan di sini. Langsung masukkan tangan melalui cawan yang terbuka. Ketika memasukkan satu jari atau pergelangan tangan, ikan-ikan yang ada langsung mendekat. Bagai tak takut dengan manusia.

Ikan-ikan itu menempelkan bibirnya di kulit tangan seperti menggigit. Tapi tenang saja, tidak bahaya kok, justru rasanya agak geli. Traveler yang melihat-lihat akuarium pun tak sedikit yang penasaran memasukkan tangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Siapa saja memang boleh berinteraksi dengan ikan dalam akuarium, tapi ada aturan yang harus dipatuhi. Traveler harus mencuci tangan sebelum berinteraksi, kemudian dilarang memasukkan benda asing ke dalam akuarium, mengangkat dan menangkap ikan, serta menekan atau bertumpu pada cawan. (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Meriah Imlek
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED