Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Feb 2018 13:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Warna-warni Bunga Bagi Kesayangan dari Pasar Rawa Belong

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Semua bunga komersil dari dalam dan luar negeri ada di Pasar Bunga Rawa Belong (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Semua bunga komersil dari dalam dan luar negeri ada di Pasar Bunga Rawa Belong (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Jakarta - Halo, traveler pasti ingat kalau hari ini adalah Hari Kasih Sayang atau Valentine bukan? Pasar Bunga Rawa Belong, bisa jadi rujukan buat membeli bunga di Jakarta.

Dihimpun detikTravel, Rabu (14/2/2018), inilah destinasi wisata yang suka luput dari perhatian wisatawan. Bunga-bunga di Pasar Rawa Belong didatangkan dari dalam dan luar negeri.

Saat detikTravel mendatangi tempat ini, tidak ada bau-bau pasar pada umumnya. Memasuki pasar ini cenderung harum oleh wewangian bunga karena tidak ada penjual barang dagangan lain selain bunga.

Pasar ini milik Pemprov DKI Jakarta di bawah Dinas Kelautan dan Pertanian. Dari dua komplek gedung Pusat Promosi dan Pemasaran Hasil Hortikultura itulah berbagai jenis karangan bunga tercipta.

Warna-warni bunga di Pasar Bunga Rawa BelongWarna-warni bunga di Pasar Bunga Rawa Belong (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)


Harga yang dipatok untuk karangan papan bunga sebesar 1,2 x 2 meter dan paling murah adalah seharga Rp 350 ribu hingga Rp 750 ribu. Itu pun tergantung permintaan apabila ingin diperbagus dengan banyaknya hiasan bunga

Cerita salah satu penjual, Satiri, dirinya sudah dari tahun 1985 membuat karangan bunga. Bekerja secara otodidak di rumahnya, ia kemudian pindah ke Pasar Rawa Belong. Seingat dia, keberadaan pasar bunga terbesar di Jakarta dan bahkan se-Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Pasar Rawa belong berawal dari bangunan biasa dan cenderung kotor. Pasar Bunga Rawa Belong mulai direnovasi tahun 2000-an. Pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan bunga-bunga dari dalam dan luar negeri untuk segala acara dan biasanya para pembeli memesan bunga untuk pernikahan, kematian, dan acara-acara kantor.

Traveler bisa ikut belajar merangkai bunga di Pasar Bunga Rawa BelongTraveler bisa ikut belajar merangkai bunga di Pasar Bunga Rawa Belong (Ari Saputra/detikTravel)


Jika traveler ke sini tak hanya bisa berbelanja bunga lho. Ada banyak spot menarik dan amat cocok untuk difoto. Harga-harga bunga akan naik di hari-hari besar nasional dan hari khusus seperti, Hari Valentine.

Di Pasar Rawa Belong pula Anda bisa meminta ke penjual untuk belajar bagaimana merangkai bunga dan pemeliharaan sementaranya. Seru kan! (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED