Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Feb 2018 15:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Penasaran Situ Cisanti yang Didatangi Jokowi? Yuk Ke Sana Akhir Pekan Ini

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Cantiknya Situ Cisanti yang didatangi Jokowi (Fitraya/detikTravel)
Cantiknya Situ Cisanti yang didatangi Jokowi (Fitraya/detikTravel)
Bandung - Situ Cisanti yang menjadi hulu Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, dikunjungi Presiden Jokowi. Danau ini cantik lho, cocok untuk destinasi liburan akhir pekan.

Situ Cisanti berada di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Danau ini merupakan tempat penting bagi kelestarian Sungai Citarum. Presiden Jokowi dan pemerintah pusat turun tangan untuk menyelamatkan Sungai Citarum yang dilanda krisis lingkungan.

Kalau hilir Sungai Citarum sudah kotor banget, hulu sungainya masih jauh lebih mendingan. Hulu itulah yang berada di Situ Cisanti. Sebutannya adalah Kilometer Nol Citarum.

Penasaran Situ Cisanti yang Didatangi Jokowi? Yuk Ke Sana Akhir Pekan IniJokowi menanam pohon di Situ Cisanti (Wisma Putra/detikTravel)
Di sana Jokowi menanam pohon manglid atau Manglieta glauca. Ini adalah pohon yang biasanya tumbuh di kawasan dataran tinggi dan daerah lembab. Pohon ini memiliki karakter kayu halus, padat dan kuat.

Rehabilitasi hulu Citarum sudah mulai sejak 1 Februari 2018 dan akan dilakukan selama 7 tahun. Nah, kamu bisa pergi ke sana untuk melihat bagaimana prosesnya, sekaligus melihat keindahannya.

Penasaran Situ Cisanti yang Didatangi Jokowi? Yuk Ke Sana Akhir Pekan IniKemping asyik di Situ Cisanti (backpackermate/d'Traveler)
Paling enak menikmati Situ Cisanti adalah pagi hari. Jadi kamu bisa berangkat dari Kota Bandung selepas subuh, agar tidak kesiangan. Kalau mau lebih seru lagi, kemping saja di Situ Cisanti bersama tema-teman.

Di pagi hari, sinar matahari akan memberikan nuansa hangat yang menenangkan. Permukaan air danau tanpa riak akan memantulkan keindahan langit. Ada dermaga untuk nongkrong berlatar plang besar Kilometer 0 Citarum yang warna-warni. Cocok untuk foto-foto dan diposting di Instagram.

Penasaran Situ Cisanti yang Didatangi Jokowi? Yuk Ke Sana Akhir Pekan IniDermaga untuk spot foto (Wisma Putra/detikTravel)
Kegiatan trekking mengelilingi Situ Cisanti wajib kamu coba. Kamu akan menjumpai situs sejarah petilasan Dipati Ukur dan melihat 7 mata air asli Sungai Citarum yaitu Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti. Airnya segar dan bening banget lho!

Situ Cisanti kini sudah lebih rapi dibanding tahun lalu, meski proses rehabilitasi belum selesai. Jalur trekkingnya lebih enak dan dicat penuh warna.

Tempat ini pun bisa menjadi pilihan destinasi liburan akhir pekan traveler. Tapi harus tetap ingat untuk selalu menjaga kebersihan ya.

Penasaran Situ Cisanti yang Didatangi Jokowi? Yuk Ke Sana Akhir Pekan IniSeindah danau di Eropa (Fitraya/detikTravel)
(fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED