Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Mar 2018 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pisang Goreng Tepung Sianida Khas Kepulauan Kei, Berani Coba?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Pisang goreng embal khas dari Kepulauan Kei (Wahyu/detikTravel)
Foto: Pisang goreng embal khas dari Kepulauan Kei (Wahyu/detikTravel)
Langgur - Kepulauan Kei tak hanya punya alam yang cantik, tapi juga kuliner khas. Satu yang perlu kamu coba adalah pisang goreng dengan tepung bersianida. Enak lho!

Pisang goreng Embal, begitulah warga Kepulauan Kei menyebut sajian kuliner yang menggunakan tepung bersianida ini. Sepintas mendengar, traveler memang akan bergidik ngeri.

Memang benar, pisang goreng di Kepulauan Kei ini dibuat menggunakan tepung yang memiliki kandungan racun sianida. Tapi tenang saja, rasanya dijamin enak dan aman untuk dikonsumsi.

detikTravel menjajal sendiri pisang goreng tepung sianida ini saat berkunjung ke Pulau Kei Kecil beberapa waktu lalu. Pisang goreng embal ini biasa dimakan bersama dengan sambal tomat bercitarasa pedas segar sebagai pelengkapnya.
Pisang goreng dimakan dengan sambal (Fatoer/Istimewa)Pisang goreng dimakan dengan sambal (Fatoer/Istimewa)


"Ini namanya pisang goreng embal. Digoreng pakai tepung embal. Tepungnya dibuat dari singkong yang mengandung sianida," jelas Petronika, salah satu pelayan Forganza Cafe, tempat detikTravel menikmati kuliner ini.

Cara membuat tepung dimulai dari memarut umbi singkong, kemudian diayak, direndam lalu diperas untuk mengeluarkan racunnya. Racun sianida ini biasanya berwarna biru. Setelah kandungan sianida sudah dirasa hilang, baru tepung dijemur sampai kering dan siap digunakan.

Setelah tepung embal siap, baru traveler bisa memulai untuk menggoreng pisangnya. Petronika pun menjelaskan langkah-langkahnya.

"Pisangnya lokal, pisang sepatu, usia 40 hari. Belum terlalu masak. Pisang dibasahin, dibelah dua, terus dilapisi tepung embal dan ditekan biar waktu goreng tidak terlepas," jelas Petronika.
Rasanya enak banget! jangan takut mencoba (Wahyu/detikTravel)Rasanya enak banget! jangan takut mencoba (Wahyu/detikTravel)


Pisang goren embal sangat cocok dimakan sebagai camilan, dan juga teman minum kopi atau teh. Sambil ngobrol dengan teman-teman, nyemil pisang goreng ini makin mantap!

Traveler yang kebetulan liburan long weekend ke Kepulauan Kei langsung saja icip-icip pisang goreng embal bersianida ini. Bukannya keracunan, traveler malah akan ketagihan. Cobain sendiri deh! (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Es Abadi Indonesia

Kesulitan Mendaki Es Abadi Indonesia

Kamis, 15 Nov 2018 07:20 WIB

Es abadi Indonesia berada di Puncak Jaya, Puncak Sumantri dan Puncak Carstensz Timur, Papua. Apa saja kesulitan yang ditemui para pendaki di sana?