Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Apr 2018 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Fantastik, Tarian Nggahi Rawi Pahu Yang Penuh Filosofis

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: Tari Nggahi Rawi Pahu (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Foto: Tari Nggahi Rawi Pahu (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Ayo bertualang keliling Indonesia! Bangsa kita punya banyak tarian keren. Salah satunya Tari Nggahi Rawi Pahu dari Dompu, NTB, simbol tekad dan kerja keras.

Pada setiap perhelatan event-event besar, pasti dipertunjukan tarian baik untuk menyambut para tamu undangan juga untuk menghibur. Ini sekaligus untuk memperkenalkan budaya daerah itu kepada wisatawan.

Tarian Nggahi RawiTarian Nggahi Rawi Foto: Faruk Nickyrawi/detikTravel


Seperti di daerah Kabupaten Dompu NTB, di sana terdapat sebuah tarian yang penuh makna dan filosofis. Nama tariannya adalah Tari Nggahi Rawi Pahu.

Nggahi Rawi Pahu adalah motto Kabupaten Dompu. Nggahi Rawi Pahu berarti 'Berkata, berbuat dan ada buktinya'. Dalam bekerja, orang-orang Dompu tidak hanya berkata saja, kalau sudah berkata mereka harus berbuat dan ada hasil dari perbuatan itu.

Jenis tarian ini dipertunjukan pada saat perhelatan acara puncak Festival Gunung Tambora di padang Savana Doro Ncanga, Rabu (11/04/2018) kemarin. Tarian ini disaksikan langsung oleh Anggota DPR Muhammad Syafrudin, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty para pejabat lain serta penyanyi Anang Hermansyah, Ashanty dan Aurel.

Salah satu gerakan Tari Nggahi Rawi PahuSalah satu gerakan Tari Nggahi Rawi Pahu Foto: Faruk Nickyrawi/detikTravel


Tamu undangan dan masyarakat terpukau melihat tarian yang dimainkan oleh 203 orang penari yang terdiri dari 50 penari inti dan 153 penari latar. Para penari menampilkan tarian dengan memakai pakaian adat Dompu.

Tari Nggahi Rawi Pahu menggambarkan masyarakat Dompu bekerja dan membuktikan dengan kerja kerasnya sehingga mendapatkan hasilnya. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED