Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Apr 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Terbaik Buat Foto Berlatar Bromo

Kurnia Yustiana
detikTravel
Panorama Bromo dari Pananjakan (Kurnia/detikTravel)
Panorama Bromo dari Pananjakan (Kurnia/detikTravel)
Pasuruan - Selain jelajah sekitar Gunung Bromo, berburu sunrise dan berfoto dengan latar pemandangan kawasan gunung ini pun digemari turis. Berikut spot terbaiknya.

Untuk menikmati sunrise Bromo yang menawan, traveler harus bersiap bangun pagi dan berangkat ke spot-spot yang menyajikan view kawasan Kaldera Tengger, yaitu Gunung Bromo, Gunung Kursi, Gunung Watangan, Gunung Batok hingga Gunung Widodaren.

Kebanyakan tempat terbaik melihat sunrise dan menyaksikan pesona Bromo dan areal Kaldera Tengger ada di wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Namun ada pula yang masuk kawasan Probolinggo. Dirangkum detikTravel, Kamis (26/4/2018), ini 4 spot terbaik menikmati sunrise dan berfoto dengan latar Bromo:

1. Penanjakan 1
(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Bicara soal sunrise Bromo tentu tak lepas dari Penanjakan 1 di ketinggian 2.770 mdpl. Penanjakan 1 menjadi favorit traveler karena pemandangannya yang menawan, bahkan Gunung Semeru pun terlihat di kejauhan. Tak mengherakan kalau biasanya pukul 04.00 WIB pagi sudah ramai dengan turis yang berburu sunrise.

Di Penanjakan 1 fasilitasnya terbilang lengkap, sudah tersedia musala, toilet, aneka warung yang menjual makanan dan minuman serta toko suvenir. Untuk duduk-duduk pun telah dibuat tribun yang cukup luas menghadap ke Kaldera Tengger.

Namun kalau mau datang kemari traveler harus berangkat lebih awal, tergantung seberapa jauh jarak dari penginapan kemari. Pastinya paling lambat pukul 04.00 WIB sudah harus tiba di sini untuk mendapat tempat terbaik melihat sunrise dan menghindari macet. Karena posisinya paling jauh daripada view point lainnya.

BACA JUGA: Si Cantik Tara Basro yang Terpesona Keindahan Bromo


2. Penanjakan 2
(nandacules/Instagram)(nandacules/Instagram) Foto: undefined

Penanjakan 2 atau Seruni Point di Probolinggo bisa jadi alternatif kalau Penanjakan 1 sudah terlalu ramai, atau memang sudah tak sempat ke sana. Saat Penanjakan 1 ditutup jelang akhir tahun kemarin pun traveler banyak yang beralih Penanjakan 2. Pemandangannya tak kalah keren dari Penanjakan 1

3. Bukit Cinta
(Ari Saputra/detikTravel)(Ari Saputra/detikTravel)
Berikutnya ada Bukit Cinta di ketinggian 2.680 mdpl. Ini menjadi salah satu lokasi tertinggi untuk melihat pemandangan sekitar Kaldera Tengger. Lokasi tak jauh dari Penanjakan 1

BACA JUGA: Jokowi Bangga Mobil Rakitan Indonesia Dinikmati Negara Lain

4. Bukit Kingkong
(ainbituin/Instagram)(ainbituin/Instagram) Foto: undefined


Satu lagi spot yag wajib traveler kunjungi adalah Bukit Kingkong. Ketinggian sekitar 2.600 mdpl, lebih rendah dari Penanjakan 1. Jalanan di Bukit Kingkong juga sudah memadai sehingga mudah dijangkau pengunjung.

Jadi setelah traveler melihat sunrise di Penanjakan 1 misalnya, lanjutkan perjalanan ke Bukit Kingkong untuk melihat sisi lain dari Gunung Bromo dan sekitarnya.

Pemandangan Bromo dari Penanjakan 1 di Pasuruan (Kurnia/detikTravel) (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA