Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mei 2018 13:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Masjid Megah dan Cerita Uniknya di Indonesia

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Masjid Nurbuat di Cirebon( Sudirman Wamad/detikTravel)
Masjid Nurbuat di Cirebon( Sudirman Wamad/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Tangerang - Sebagai negara mayoritas Muslim, Indonesia memiliki ribuan masjid. Ada empat masjid megah yang meiliki cerita unik dan gaib.

Selamat berpuasa, traveler. Yuk, wisata religi ke masjid-masjid megah ini. Tidak sekedar megah, namun juga memiliki cerita unik dang berhubungan dengan hal gaib.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (17/5/2018) terdapat 4 masjid megah di Indonesia yang memiliki cerita unik yang harus traveler tahu. Apa saja ya?

1. Masjid Nurbuat di Cirebon

 Masjid Nurbuat di Cirebon yang dibangun selama 100 hari (Sudirman Wamad/detikTravel) Masjid Nurbuat di Cirebon yang dibangun selama 100 hari (Sudirman Wamad/detikTravel)

Masjid Nurbuat di Cirebon merupakan salah satu dari sekian banyak masjid dengan arsitektur menarik di Cirebon. Perpaduan budaya antara Demak, Kudus, dan China menjadi tema utama dalam bangunan masjid itu. Masjid dengan nama lain Masjid Kedung Merah Menjangan ini berlokasi di Kampung Kedung Menjangan, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Masjid Merah Kedung Menjangan didirikan oleh pria bernama Rohim sekitar tahun 2000. Pembangunan masjid memiliki kaitan dengan Syekh Abdurahman Rauf As Singqili, ulama dari Aceh. Seorang pendirinya sempat mendapatkan hidayah dalam mimpinya untuk membangun masjid dari ulama tersebut.

Selain itu pembangunan masjid ini hanya memakan waktu 100 hari dengan jumlah pekerja hanya belasan orang dan 2 tukang. Dipercaya ada hal gaib yang mengiringi pembangunan masjid secepat itu.

2. Masjid Agung Keraton di Buton

 (Afif/detikTravel) (Afif/detikTravel)


Konon dari Masjid Agung Keraton di Buton, Sulawesi Tenggara, bisa mendengar azan Makkah. Masjidnya sudah kuno, sudah berdiri sejak tahun 1511. Awalnya bukanlah masjid, melainkan sebagai tempat pertemuan rahasia.

Dulunya, wilayah Buton merupakan sistem kerajaan. Kemudian setelah Syekh Abdul Wahid dari Arab Saudi, seorang pedagang sekaligus penyebar agama Islam datang pada sekitar abad ke-14 di sana barulah berubah menjadi sistem kesultanan. Penduduknya pun lantas memeluk agama Islam.

Masjid Buton masih berdiri dengan arsitektur aslinya. Di masjid terdapat lubang yang posisinya ada di bagian imam salat. Dari lubang inilah, menurut sejarah dan cerita terdengar suara adzan dari Makkah. Lubang ini oleh para pengurus masjid. Jangankan lubangnya, masjidnya juga sangat dijaga sampai sekarang.

Tidak semua orang bisa masuk jika tidak mendapatkan izin dari iman masjid, bahkan pejabat sekalipun. Hanya imam masjid yang dapat membuka dan melihat lubang.

3. Masjid Tiban di Malang

 (Aminudin/detikTravel) (Aminudin/detikTravel) Foto: undefined


Tidak sekedar megah dan unik, Masjid Tiban di Malang juga memiliki cerita unik. Konon masjid ini dibangun pasukan jin dalam waktu semalam.

Masjid dengan ornamen biru berlantai 10 ini menurut cerita dibangun oleh pasukan jin. Namun itu ternyata hanya dongeng belaka dan dibantah oleh petugas masjid. Masjid Tiban ini dibangun dengan waktu 10 tahun. Masjid ini dibangun oleh Romo Kiai Haji Ahmad Baru juga Pengasuh Ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman.

4. Masjid Agung Nurul Yakin di Tanggerang

Syanti/detikTravelFoto: Syanti/detikTravel

Masjid Agung Nurul Yakin dikenal juga dengan nama Masjid 1.000 pintu. Asal nama seribu pintu dari dari Asmaul Husna, nama-nama Allah. Di tiang-tiang masjid terdapat angka 999, kemudian dilengkapi seribu dengan pintu. Kenapa bisa seribu, karena tidak bisa dihitung pintu yang berada di Masjid ini karena saking banyaknya.

Masjid 1.000 pintu memiliki ruang makam yang di dalamnya terdapat 99 tasbih seukuran kepala yang bertuliskan Asmaul Husna. Makam Batu tasbih ini hanya dibuka pada saat Ista Miraj saja.

Hal menarik yang dimiliki Masjid 1.000 pintu adalah pembangunannya tanpa menggunakan rancangan gambar. Jadi masjid dibangun bertahap-tahap hingga sampai saat sekarang. Selain itu, jika traveler melihat masjid ini dari jauh, bangunan komplek masjid terlihat seperti kapal besar. (sym/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED