Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jun 2018 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik ke Makassar, Bisa Wisata Religi Sambil Menikmati Laut

Ibnu Munsir
Redaksi Travel
Foto: (Ibnu Munsir/detikTravel)
Foto: (Ibnu Munsir/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Makassar - Pulang kampung ke Makassar, jangan main di Pantai Losari saja. Kunjungi juga masjid terapung yang berada di pesisir pantai.

Selain dikenal wisata kulinernya, Makassar juga dikenal dengan sejumlah destinasi wisata. Salah satunya wisata religinya adalah masjid terapung yang ada di Jalan Penghibur, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Lokasinya yang berada di pusat kota, tepat di area pesisir Pantai Losari Makassar. Masjid dengan nama Masjid Amirul Mukminin ini sangat terkenal sebagai tempat wisata religi di Makassar.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


Masjid ini dibangun bukan di daratan, namun berada di lautan tepat Pantai Losari Makassar, sehingga terlihat terapung. Hal ini yang menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Losari.

Masjid Amirul Mukminin ini digagas pertama kali oleh mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin pada tahun 2007 dan dibangun pada tahun 2009 dari hasil honor, SKPD dan warga yang secara patungan membangun Masjid Terapung Makassar.

Masjid terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat ibadah dengan daya tampung 350 orang, dilantai dua untuk jamaah wanita dengan 150 orang sementara dilantai 3 merupakan tempat ibadah dikhususkan bagi yang akan lebih khusuk.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


"Masjid Amirul Mukminin ini digagas pertama kali oleh mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dan yang gambar Walikota Sekarang pak Danny. Namanya Amirul Mukminin diambik dari gelar Umar Bin Khattab yang biasa disebut pemimpin yang lurus. Alhmdullilah biayanya dari masyarakat, secara patungan akhirnya bisa berdiri Masjid ini," kata Pengurus Masjid Amirul Mukminin, Ansari Saleh kepada detikTravel di Losari Makassar, Jumat (8/6/2018).

Masjid ini diresmikan pertama kali oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada tahun 2012 lalu. Masjid ini disebut juga Masjid 99, lantaran jika dilihat dari atas, Masjid ini berbentuk 99 yang berdiri di atas air laut seluas 1.608 meter.

Terdapat dua kubah berdiameter 9 meter yang bisa digunakan pengunjung untuk tempat bersantai dan beristirahat dengan embusan angin pantai. Tentu masyarakat bisa naik ke atas kubah yang melalui dua tangga samping yang mengelilingi masjid.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


"Kalau ini dari atas mirip angka 99 masjidnya, kenapa 99 ya sesuai dengan Asmaul Husna ataa nama nama Allah. Jadi bisa berkeliling dengan menaiki tangga di sisi kiri dan kanan, sambil melihat laut dan sunset terbenam," jelasnya.

Keunikan lain Masjid Amirul Mukmini Makassar terdapat pada bagian mimbarnya, mengunakan kayu khusus dari Kabupaten Palopo. Sementara hasil infaq jemaah ternyata tak digunakan oleh Masjid namun diberikan kepada masjid sekitar Pantai Losari yang lebih membutuhkan.

"Mimbarnya kayu khusus dari Palopo. Ini infaq jemaah tidak dipakai di masjid, tapi kita berikan kepada masjid yang ada di sekitar pantai yang jauh lebih butuh," terangnya.

 (Ibnu Munsir/detikTravel) (Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


Sementara itu, salah seorang pengunjung Masjid Terapung, salah seorang mahasiswi UIN Alauddin Samata Kabupaten Gowa, Firdayanti mengaku datang khusus untuk melihat bangunan masjid, selain karena ramai dibicarakan, beribah di Masjid Terapung lebih khusuk lantaran tenang dengan udara sejuk.

"Bangunanya unik bagus, Ramadan juga enak ibadah di sini Kak, karena sejuk dan berada di laut," kata sambil senyum.

Untuk menjaga keamanan jemaah yang berkunjung ke Masjid Terapung Makassar, pengurus memasang 8 kamera pengawas di dalam dan sekitaran masjid. Jika traveler ingin berkunjung ke masjid ini, dibutuhkan waktu 45 menit dari Bandara Sultan Hasanudin. Sementara dari Pelabuhan Soekarno Hatta dibutuhkan waktu 18 menit.

(sym/fay)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED