Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Jun 2018 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik Lewat Tegal, Sekalian Wisata Kuliner Sate Kambing Muda

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Sat e Batibul Bang Awi di Tegal (Randy/detikTravel)
Sat e Batibul Bang Awi di Tegal (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Tegal - Mudik lewat tegal, tak lengkap rasanya tanpa wisata kuliner sate kambing muda. Salah satu rekomendasinya adalah Sate Batibul Bang Awi.

Sate batibul atau yang merupakan singkatan dari kambing yang baru tiga bulan merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak dicari di Tegal. detikTravel pun sempat mencoba salah satu cabangnya yang berlokasi persis di pinggir Jalan Gajah Mada, tengah kota dan dilintasi para pemudik.

Menempati sebuah rumah lama bekas peninggalan Belanda, Sate Batibul Bang Awi hadir untuk memanjakan perut penikmat daging kambing.

Tomat dan cabai disajikan terpisah (Randy/detikTravel)Bawang, cabai dan tomat disajikan terpisah (Randy/detikTravel)
Setelah mencari tempat duduk, saya pun segera memilih menu. Dua porsi sate yang terdiri dari seporsi sate biasa dan sate tanpa lemak pun jadi pilihan. Tak lupa juga seporsi sop kambing.

Berhubung daging kambing yang dijadikan sate adalah daging kambing muda, tentunya rasa kambing yang tidak terlalu menonjol jadi kelebihannya. Hal itu juga didukung oleh tekstur daging kambing yang empuk dan tidak alot.

Daging yang dipakai adalah dari kambing muda (Randy/detikTravel)Daging yang dipakai adalah dari kambing muda (Randy/detikTravel)
Setelah dibumbui lebih dulu, sate kambing pun dibakar di atas arang yang merah menyala. Setelah matang, sate kambing pun disajikan polos di atas piring. Tambahan kecap manis, bawang merah dan cabai pun disajikan terpisah.

Tidak pakai lama, sate daging kambing yang empuk pun segera disantap dengan nasi panas. Disertai dengan suapan kuah sop kambing yang gurih dan kaya rempah, membuat sensasi bersantap makin nikmat.

Lokasinya persis di pinggi jlan utama Tegal (Randy/detikTravel)Lokasinya persis di pinggi jlan utama Tegal (Randy/detikTravel)
Per porsi sate kambingnya pun dihargai sekitar Rp 30 ribuan ++. Harga yang mungkin cukup setara dengan rasanya yang nikmat lagi empuk dagingnya. Sate Kambing Batibul Bang Awi buka dari pukul 10.00-23.00 WIB setiap hari.



(rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED