Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Jun 2018 18:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantiknya Pemalang, Bikin Traveler yang Mudik Ogah Pulang

Bona
Redaksi Travel
Bukit Besek di Desa Wisata Cikendung  (Asmawiati WieWie/dTraveler)
Bukit Besek di Desa Wisata Cikendung (Asmawiati WieWie/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Pemalang - Pemalang punya alam cantik yang sayang untuk dilewatkan. Traveler yang mudik ke Pemalang bisa bersantai dan memanjakan diri sejenak di sini.

Mudik ke Pemalang tak hanya berkunjung ke tempat keluarga atau kerabat. Karena tempat ini punya alam cantik yang bisa jadi destinasi libur lebaran yang sayang untuk dilewatkan.

Dirangkum detikTravel, Rabu (20/6/2018) inilah beberapa destinasi menarik Pemalang yang bakal bikin kamu ogah pulang.

1. Curug Dhuwur

Curug Dhuwur (Pricasso/d'Traveler)Curug Dhuwur (Pricasso/d'Traveler)

Tempat terbaik untuk melepas lelah di Pemalang adalah Curug Dhuwur. Air terjun yang masih tersembunyi ini bisa jadi destinasi basah-basahan yang menarik.

Selain segar karena airnya, traveler harus terlebih dahulu melewati persawahan asri yang memanjakan mata.

Karena masih terbatas akses, tempat ini mengharuskan traveler treking di daerah jurang yang terjal. Traveler pun tak akan dikenakan biaya masuk karena tempat ini masih sangat asli.

2. Curug Sibedil

Curug Sibedil (Pricasso/d'Traveler)Curug Sibedil (Pricasso/d'Traveler)

Kalau kamu mau main basah-basahan di tempat yang asyik, Curug Sibedil jawabannya. Curug Sibedil berada di jalur Moga-Guci tepatnya di Desa Sima, Moga, Pemalang. Lokasinya yang berada tak jauh dari jalan wisata Guci membuat Curug ini cukup dikenal dan ramai.

Curug ini dikelilingi dengan tumbuhan rambat hijau yang mampu memanjakkan mata traveler. Tak hanya satu, terdapat beberapa aliran air yang keluar di curug ini.

Sudah terkelola dengan baik, traveler hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang yang sudah termasuk biaya parkir. Berair segar dan menyejukkan, Curug Sibedil bisa jadi tempat main basah-basahan traveler yang mudik ke Pemalang.

3. Desa Wisata Cikendung

Tari Tradisional Silakupang (Asmawiati WieWie/d'Traveler)Tari Tradisional Silakupang (Asmawiati WieWie/d'Traveler)

Pemalang juga punya kampung menarik, Desa Wisata Cikendung. Terletak di sebelah timur kaki Gunung Slamet dan termasuk dalam kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, tempat ini memiliki atraksi tari tradisional Silakupang.

Yang menarik, tarian ini dibawakan oleh beberapa remaja perempuan dan laki-laki yang menari dengan menggunakan kuda kepang dan diiringi musik tradisional.

Di akhir tarian para penari akan mengalami trance atau kesurupan. Mereka akan terus menari dalam keadaan trance sampai sang pawang melecutkan cambuk ke tubuh mereka dan membuat mereka sadar.

Selain atraksi tradisional, desa ini memiliki tempat treking cantik di Bukit Besek, Tebing Harapan, Curug Sahid.

Dari Curug Wahid, terdapat pula batu keramat yang bernama Watu Lumpang. Konon, barang siapa yang bisa menggapai dasar tanah dari Watu Lumpang atau yang bisa melingkarkan tangannya di Watu Lumpang, maka keinginannya akan terpenuhi.

Sebelum kembali ke rutinas, coba jajal beberapa tempat destinasi mudik di Pemalang ini. Kamu dijamin ogah pulang! (bnl/fay)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
NEWS FEED