Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jun 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi

Jokowi di Raja Ampat (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)
Jakarta - Presiden Jokowi merayakan ultahnya yang ke-57. Selama menjabat, Jokowi sering keliling Nusantara. Tempat yang ia datangi jadi dikenal wisatawan.

Selama masa pemerintahannya, Presiden Jokowi telah banyak blusukan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, kalau Jokowi telah berkunjung langsung ke lapangan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote.

Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (21/6/2018), berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang pernah dikunjungi oleh Jokowi selama masa kepemimpinannya:

1. Sabang
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Biro Setpres)
Pada 10 Maret 2015 lalu, Jokowi diketahui berkunjung ke Pulau Weh di Sabang. Kunjungan ini dalam rangka meresmikan gerakan nasional Ayo Kerja di Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Jokowi juga menyempatkan berkeliling dan singgah di sebuah tempat makan, Rumah Makan Kencana namanya. Bahkan di dalam menu rumah makan ini ada Es Jokowi. Selain itu dia juga sempat mengimami salat di Masjid Agung Babussalam di Jalan Tengku Cik Ditiro.

2. Merauke
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Ray Jordan/detikcom)
Merauke merupakan destinasi paling ujung timur Indonesia di Indonesia, sekaligus berbatasan dengan Papua Nugini. Presiden Jokowi beberapa kali mengunjungi ujung timur Indonesia ini.

Di tanggal 10 Mei 2015, Jokowi berkunjung ke Merauke untuk melakukan panen raya padi di Kabupaten Merauke. Di hari yang sama Jokowi juga ngetrail mengusuri Pegunungan Trikora Wamena. Adapun tujuan Jokowi ke Merauke dalam merangkaian kunjungan kerja Lintas Nusantara.

Pada tanggal 30 Desember 2015, Jokowi datang ke Merauke dalam rangka menghadiri acara Kapsul Waktu 'Impian Indonesia 2015-2085'. Merauke jadi titik akhir perjalanan Kapsul Waktu setelah singgah di 43 kota dari 34 provinsi di Indonesia.

3. Raja Ampat
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Jokowi melihat sunrise pertama di tahun 2016 dari Waisai, Raja Ampat (Agus Suparto/Biro Setpres)
Pada Desember 2015 silam, Jokowi berkunjung ke Raja Ampat dan merayakan momen pergantian tahun di Raja Ampat bersama Ibu Negara Iriana, Kaesang dan Kahiyang.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi mengunjungi Pantai WTC untuk merayakan pergantian tahun bersama masyarakat. Tidak sampai situ, Jokowi juga bangun awal untuk melihat sunrise pertama di tahun 2016.

Keesokan harinya, Jokowi juga sempat melihat keindahan gugusan pulau karang Pianemo dari puncaknya. Di sana ia berujar, kalau Raja Ampat merupakan surga yang jatuh ke bumi.

Tidak cukup sekali, Jokowi juga kembali lagi ke Raja Ampat pada tahun 2017. Pada kunjungan keduanya itu, Jokowi juga mengeluarkan #JKWVLOG sambil berujar kalau keindahan Raja Ampat selalu membuatnya ingin kembali.

4. Miangas
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Biro Setpres)
Jokowi mungkin adalah Presiden pertama Indonesia yang telah berkunjung ke sejumlah pulau-pulau terluar nusantara. Pada Oktober tahun 2016 lalu, Jokowi diketahui pergi ke Pulau Miangas di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Pada kunjungan tersebut, Jokowi meresmikan Bandara Miangas yang kala itu selesai dibangun. Hal tersebut pun menjadikan Jokowi sebagai Presiden RI pertama yang mampir ke Pulau Miangas.

Seperti diketahui, Pulau Miangas merupakan pulau terluar di ujung Utara Indonesia yang paling dekat dengan Pulau Mindanau di Filipina.

5. Sumba
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Biro Setpres)
Bukan hanya aktor Nicholas Saputra atau Dian Sastrowardoyo saja yang pernah ke Sumba, Presiden Jokowi pun pernah datang saat Parade 1.001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat pada bulan Juli tahun 2017 lalu.

Datang bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi bahkan diberi hadiah berupa parang dan kuda sandalwood oleh Bupati Sumba Barat Daya, Markus D Tallo.

Kedatangan Jokowi pun dimaknai secara simbolis lewat aksinya menunggangi kuda pemberiannya. Jokowi pun tampak makin gagah dengan topi dan pakaian adat khas Sumba.

6. Lombok
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Jokowi/Youtube)
Pada 20 Oktober 2017, Jokowi berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak hanya berkunjung, Jokowi juga membuat '#JKWVLOG INDAHNYA MANDALIKA' bersama Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang.

Video berdurasi 1 menit 27 detik itu menampilkan keindahan kawasan pantai Mandalika. Lautan nan biru serta deburan ombak yang menghantam karang mendominasi video ini.

7. Rote
Destinasi Wisata yang Jadi Trending Karena Jokowi(Biro Setpres)
Tepat bulan Januari awal tahun ini, Jokowi berkunjung ke Pulau Rote di NTT. Kunjungan tersebut sekaligus menjadi kunjungan Presiden pertama ke Rote.

Seperti diketahui, Rote merupakan salah satu pulau terluar di ujung Selatan Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga melakukan aksi simbolik membasuh wajahnya dengan air dari Pantai Nemberala yang terkenal indah bukan main.

Itulah beberapa destinasi di Nusantara yang telah dikunjungi Jokowi. Masih banyak lagi sudut Indonesia yang ia datangi. Selamat ulang tahun ya Pak Jokowi, semoga sehat selalu dan bisa terus menjelajahi keindahan Indonesia. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA