Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Agu 2018 22:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gili Trawangan, Pulau Tanpa Polusi dan Polisi Itu Sedang Berduka

Afif Farhan
detikTravel
Pantai di Gili Trawangan yang bersih, putih nan landai (Afif Farhan/detikTravel)
Gili Trawangan - Gili Trawangan adalah salah satu destinasi wisata paling terkenal di Lombok, NTB. Sayang, pulau cantik tanpa polusi dan polisi itu sedang berduka akibat gempa.

Minggu (5/8) malam, Lombok diguncang gempa 7 SR. Gili Trawangan terkena dampaknya, mengakibatkan beberapa bangunan roboh dan turis-turis dibuat panik.

"Semalam itu semuanya panik, banyak turis yang berlari karena gempa yang kuat," ujar Austin Gusman, pengelola Gili Amor Boutique Resort di Gili Trawangan kepada detikTravel, Senin (6/8/2018).

Bangunan-bangunan seperti resort sampai kafe-kafe banyak yang rusak, retak dan roboh. Evakuasi sudah dilakukan oleh tim SAR dan Basarnas sejak tadi pagi, tapi masih ada beberapa turis dan warga lokal yang tertahan di sana.

BACA JUGA: Cerita Kepanikan Turis-turis di Gili Trawangan Saat Gempa

Bangunan-bangunan yang rusak di Gili Trawangan akibat gempaBangunan-bangunan yang rusak di Gili Trawangan akibat gempa (Austin Gusman/Istimewa)


Mengenal Lebih Dekat Gili Trawangan

detikTravel pernah beberapa kali mengunjungi Gili Trawangan. Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat naik kapal dari Pelabuhan Bangsal. Mencari kapalnya tak susah, apalagi sudah bertebaran paket tour ke Gili Trawangan.

Gili Trawangan terkenal dengan pantai pasir putih yang landai. Turis mancanegara paling suka bersantai dan berjemur di pantainya. Duduk-duduk di bangku yang panjang atau merebahkan diri di atas pasirnya.

Turis berjemur di tepian pantai Gili TrawanganTuris berjemur di tepian pantai Gili Trawangan (Afif Farhan/detikTravel)


Lautnya yang biru jernih juga menggoda. Selain berenang, silakan snorkeling sampai diving di sekitar Gili Trawangan. Siap-siap dibikin lupa daratan.

Soal fasilitas wisata, cukup terbilang lengkap di Gili Trawangan. Ada penginapan dari tipe budget sampai resort, begitu pula deretan kafe dan restoran akan memanjakan para pengunjung.

Tapi jika ditanya, apa sih yang paling terkenal dari Gili Trawangan selain alamnya? Jawabannya adalah pulau ini tanpa polusi dan polisi.

Sepeda adalah transportasi utama di Gili TrawanganSepeda adalah transportasi utama di Gili Trawangan (Afif Farhan/detikTravel)


Tanpa polusi, artinya tidak ada kendaraan bermotor di Gili Trawangan. Baik itu sepeda motor atau mobil, dilarang melintas di pulau kecil tersebut.

Sejarahnya di tahun 1987-1988 kala saat itu pulaunya dibuka untuk wisata, pemerintah sudah memberlakukan larangan kendaraan bermotor. Mengingat, Gili Trawangan memang dibuka untuk wisata. Artinya, pulau ini dikhususkan sebagai tempat yang tenang nan nyaman.

CidomoCidomo (Afif Farhan/detikTravel)


Transportasi sehari-harinya, bisa naik sepeda atau cidomo (sejenis delman). Oh iya, keliling pulau Gili Trawangan bisa naik sepeda selama 2 jam saja.

Yang pasti tanpa kendaraan bermotor, udara di Gili Trawangan bersih tanpa polusi. Bikin betah siapa saja yang berada di sana.

Menikmati lautan dan udara yang bersih di Gili TrawanganMenikmati lautan dan udara yang bersih di Gili Trawangan (Afif Farhan/detikTravel)


Selanjutnya tanpa polisi, Gili Trawangan menawarkan liburan yang super aman untuk wisatawan. Jarang terjadi kasus kriminalitas seperti pencurian dan lain sebagainya. Alasannya, pulaunya kecil dan kalau ada orang berbuat jahat akan sulit melarikan diri.

Meski begitu, tetap ada petugas keamanan khusus di Gili Trawangan. Biasanya disebut Island Security. Mereka berpakaian hitam-hitam, memakai sepeda, dan berpatroli hingga 24 jam. Kantornya, ada di pintu masuk Pulau Gili Trawangan.

Gili Trawangan yang jugasering dikunjungi turis bersama keluarganyaGili Trawangan yang juga sering dikunjungi turis bersama keluarganya (Afif Farhan/detikTravel)


Jika ada yang berbuat jahat di Gili Trawangan seperti mencuri barang milik turis, maka hukumannya akan diarak keliling kampung sambil dikalungi tulisan 'I'm a thief' alias 'Saya Pencuri'. Tapi toh, hal itu jarang terjadi.

Keamanan di Gili Trawangan membuat wisatawan tak perlu was-was. Jikalau ada barang yang tertinggal di suatu tempat, barang tersebut akan diamankan atau masih ada di sana tanpa disentuh orang lain.

Alam yang indah, masyarakat yang ramah serta tanpa polusi dan polisi di Gili Trawangan membuat pulau ini jadi favorit wisatawan baik dalam dan luar negeri. Namun kini, sayangnya Gili Trawangan terkena guncangan gempa.

Kita tunggu saja, bagaimana pemerintah bergerak untuk memulihkan pariwisata di Gili Trawangan. Sedangkan bagi wisatawan, harap bersabar terlebih dulu. Gili Trawangan tidak akan pergi kemana-mana, biarkan dia kembali pulih dan bersolek kembali untuk menyambut kedatangan Anda.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA