Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Agu 2018 16:07 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Kepanikan Turis-turis di Gili Trawangan Saat Gempa

Afif Farhan
detikTravel
Turis yang mengungsi ke atas bukit di Gili Trawnagan saat gempa (dok Istimewa/Antik)
Gili Trawangan - Minggu (5/8) malam, Lombok diguncang gempa 7 SR. Gili Trawangan terkena dampaknya, turis-turis di sana panik berlarian.

Lombok baru saja diguncang gempa 7 SR. Gili Trawangan terkena dampaknya, sehingga banyak bangunan rubuh dan turis-turis baik domestik dan mancanegara panik.

Austin Gusman, pengelola Gili Amor Boutique Resort di Gili Trawangan menceritakan kepanikan yang terjadi semalam. Saat gempa, turis-turis berlarian.

"Semalam itu semuanya panik, banyak turis yang berlari karena gempa yang kuat," ujarnya kepada detikTravel, Senin (6/8/2018).

BACA JUGA: Tolong! Turis di Gili Trawangan Kelaparan

"Banyak bangunan roboh dan itu bikin makin shock. Semua lari menyelamatkan diri ke atas bukit, ada juga yang ke lapangan sepakbola," tambah Austin menjelaskan.

Beberapa bangunan di Gili Trawangan roboh akibat gempaBeberapa bangunan di Gili Trawangan roboh akibat gempa (Austin Gusman/Istimewa)


Bukan hanya turis, staff-staff resort, restoran ata kafe-kafe di Gili Trawangan yang merupakan warga lokal juga ikut panik. Banyak dari mereka yang langsung melarikan diri.

"Ada yang langsung naik kapal pulang ke Lombok. Kita tidak bisa mencegah dan juga memaklumi karena situasinya saat itu sedang panik-paniknya," jelas Austin.

BACA JUGA: Gili Trawangan Porak-Poranda Akibat Gempa

Menurutnya, kebanyakan saat itu turis yang berada di lombok berasal dari mancanegara, seperti dari Australia dan Eropa. Hingga kini, evakuasi masih berlanjut oleh tim SAR dan Basarnas untuk memindahkan turis-turis di Gili Trawangan dan sekitarnya.

"Kini evakuasi masih berlanjut. Banyak juga turis yang kelaparan karena stok makanan terbatas," tutup Austin.


Simak Juga 'Detik-detik Evakuasi Pria Tertimpa Dinding di Gili Trawangan':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA