Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Sep 2018 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rafting Berlatar Keindahan Gunung Leuser di Aceh, Seru!

Agus Setyadi
Redaksi Travel
Rafting di Sungai Lukup Badak, Aceh Tengah (dok Dinas Pariwisata Aceh)
Rafting di Sungai Lukup Badak, Aceh Tengah (dok Dinas Pariwisata Aceh)
Aceh Tengah - Wisata memacu adrenalin di Aceh Tengah, asyiknya rafting. Traveler bisa mencoba rafting di Sungai Lukup Badak, di kaki Gunung Leuser.

Traveler yang sedang liburan ke Aceh Tengah, Aceh tidak salahnya memasukkan rafting sebagai destinasi yang wajib dicoba. Permainan air ini juga menyuguhkan pemandangan indah sepanjang jalur lintasan. Seru banget lho!

Aktivitas liburan yang dirasa ekstrem ini dapat dicoba di Sungai Lukup Badak, Desa Kalanare, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Lokasi ini terletak sekitar 7,5 kilometer dari pusat Kota Takengon. Untuk ke sana, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Traveler yang ingin mencobanya akan menyusuri sungai dengan air yang dingin sepanjang sekitar 4,5 kilometer. Keseruan bertambah saat traveler melewati beberapa lokasi karena dapat menikmati indahnya Dataran Gayo.

Lintasan rafting yang terletak di kaki Gunung Leuser ini juga sangat ramah untuk traveler yang berwisata bareng keluarga. Para pemandu di sana siap memberikan instruksi kepada peserta untuk melakukan gerakan-gerakan atau mendayung selama berada di atas air.

(dok Dinas Pariwisata Aceh)(dok Dinas Pariwisata Aceh)
Keindahan alam Gayo yang terlihat sepanjang aliran sungai membuat traveler ingin berlama-lama berada di atas perahu karet. Hamparan perkebunan kopi terbentang luas, sawah yang berkotak-kotak menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata.

Jika beruntung, traveler juga dapat melongok hewan-hewan yang muncul dari rerumputan di pinggir sungai. Tentunya, binatang-binatang tersebut jangan traveler ganggu, cukup untuk dilihat.

"Lokasi ini dulunya hanya sungai biasa. Jarang orang berkunjung, namun sejak setahun lalu telah diolah menjadi lokasi rafting, olahraga dayung dengan tantangan menyenangkan. Sejak itu pula lokasi ini sudah mulai ramai dikunjungi," kata Dyah Erti Idawati, istri Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Minggu (16/9/2018).

Selain bagi yang hobi petualangan, Sungai Lukup Badak juga cocok untuk traveler yang ingin menikmati sensasi bermain air. Pemandu mengajak traveler naik perahu karet kemudian dibawa ke air dengan arus yang tenang. Di sana, traveler dapat bermandi ria.

BACA JUGA: Baby Island, Pulau di Aceh Ini Hanya Muncul 2 Jam Sehari

Selama kegiatan Gayo Alas Mountain Internasional Fest (GAMIFest) berlangsung, rafting di Sungai Lukup Badak masuk sebagai salah satu agendanya. Panitia acara menggelar lomba arung jeram bertajuk "Takengon Rafting Festival 2018".

Pesertanya mencapai puluhan tim termasuk kalangan ibu-ibu. Mereka mendayung perahu karet dari titik start hingga finish. Para peserta tersebut juga dibekali dengan baju pelampung.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadhani mengatakan, dengan diadakannya rafting festival, lokasi tersebut akan semakin dikenal dan olahraga rafting semakin dicintai masyarakat. Dia berpesan agar lokasi rafting terus dijaga sehingga semakin banyak wisatawan yang berminat mencobanya.

(dok Dinas Pariwisata Aceh)(dok Dinas Pariwisata Aceh)
"Rafting festival ini bagian dari momentum promosi sehingga cabang olahraga ini menjadi destinasi wisata baru di dataran tinggi Gayo," kata Rahmadhani.

Selain rafting, di sana rencananya juga akan dibangun sejumlah tempat wisata baru seperti flying fox, permainan memanah, paintball, dan wisata buatan lainnya. Tertarik mencobanya? Yuk ke Aceh Tengah! (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Beginilah Keindahan Anambas

Minggu, 23 Sep 2018 16:20 WIB

Anambas, kepulauan tropis di wilayah barat daya Indonesia ini sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Panorama alamnya memukau!