Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Sep 2018 07:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berenang Bareng Ikan Warna-warni di Gili Sudak, Mau?

Harianto Nukman
detikTravel
Traveler yang sedang bermain dengan ikan warna-warni (istimewa/Amink)
Traveler yang sedang bermain dengan ikan warna-warni (istimewa/Amink)
Lombok Barat - Keindahan alam di kawasan Sekotong, Lombok begitu memikat hati. Selain pantai alami dan eksotik, terdapat juga banyak gili. Salah satunya Gili Sudak.

Sudah lama Gili Sudak menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pulau mungil ini tempat bermanjanya para wisatawan yang senang berwisata alam.

Perairan di Gili Sudak, Lombok menyimpan keindahan bawah laut yang menarik wisatawan untuk menyelaminya. Terumbu karangnya masih terjaga dengan baik, sehingga membuat betah ikan-ikan berenang di sekitarnya.

Keindahan terumbu karang serta bermacam ikan berwarna-warni tentu akan menjadi hiburan yang sayang untuk dilewatkan jika berada di Gili Sudak.

Traveler juga bisa mencoba bermain kano di sekitar pantai. Ombak yang tenang menjadikan Gili Sudak cocok untuk bermain kano. Traveler pun bisa menyewa kano pada pengelola wisata di sana.

Kano yang tersedia untuk disewa (Istimewa/Amink)Kano yang tersedia untuk disewa (Istimewa/Amink)

Bermain kano akan menjadi pengalaman seru ditambah lagi pemandangan bukit-bukit kecil di kejauhan yang berjejer rapi di tepi laut terasa sayang jika tak dijadikan latar untuk berswafoto.

Selain keindahan bawah lautnya, pantainya juga menawan. Pasirnya putih lembut dan bersih. Duduk di pinggir pantai atau berjalan-jalan dengan pemandangan indah sudah pasti akan bisa memberikan ketenangan hati.

"Sungguh sesuai untuk melepas kepenatan jiwa dan beban hidup yang menumpuk di pikiran kita," kata Amink, penyedia jasa perahu boat untuk wisata gili di Sekotong.

Beberapa waktu yang lalu, detikTravel pernah berkesempatan mengunjungi Gili Sudak ini selain gili-gili yang lain di kawasan Sekotong. Area daratan di Gili Sudak tidak terlalu besar.

Luasnya kurang lebih sekitar 200 hektar. Luasnya yang tak terlalu besar itu tidak akan memakan waktu yang lama jika kelak traveler datang ke sini untuk berjalan mengelilingi pulau mungil ini.

Gili Sudak yang hijau dan berpasir putih (Istimewa/Amink)Gili Sudak yang hijau dan berpasir putih (Istimewa/Amink)

Gili Sudak juga ditumbuhi banyak pepohonan. Rerimbunan pepohonan menjadikan suasana Gili Sudak yang alami menjadi tambah asri dengan pemandangan dedaunan yang hijau di sekitar pulau ini terasa segar dan mengasyikkan dipandang mata.

Pada bibir pantainya juga terdapat kursi-kursi berjejer untuk traveler sekadar duduk atau tiduran sambil menikmati panorama dan suara alam yang tenang. Traveler juga bisa menikmati hidangan di pinggir pantai sambil menyantap hidangan. Panorama alam yang dikelilingi lautan indah dengan udaranya yang sejuk tentu akan sangat berkesan.

Jika dihitung jumlah wisatawan per harinya yang datang ke Gili Sudak dan gili lainnya memang belum terlalu ramai dibanding tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang sudah lebih dulu dikenal wisatawan mancanegara. Namun, keindahan kawasan wisata di wilayah Kecamatan Sekotong ini sudah lama diberikan tagline Sekotong Mendunia.

Tidak terlalu sulit jika traveler ingin berkunjung ke kawasan wisata gili di Sekotong ini. Gili Sudak sendiri berada di wilayah Dusun Medang, Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Berjarak sekitar kurang lebih 60 km jika datang dari Kota Mataram.

Suasana santai di Gili Sudak (Istimewa/Amink)Suasana santai di Gili Sudak (Istimewa/Amink)

Atau jika traveler datang dari Bandara Internasional Lombok, traveler bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Pelabuhan Lembar. Sebelum pelabuhan ada pertigaan ke kiri. Dari terminal Lembar di dekat Pasar tradisional yang ada di sana, traveler bisa ambil jalur lurus terus menuju Pelabuhan Tawun.

"Biasanya Gili Sudak kami jadikan satu paket wisata bersama gili-gili yang lain, seperti Gili Nanggu, Gili Kedis, dan Gili Tangkong," terang Amink waktu itu kepada detikTravel.

Jika traveler datang dari Kota Mataram, perjalanan akan menempuh waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam memakai mobil atau motor untuk sampai di Pelabuhan Tawun. Pelabuhan kecil yang meghubungkan gili-gili di kawasan wisata Sekotong.

Kalau ke sini wajib main air (Istimewa/Amink)Kalau ke sini wajib main air (Istimewa/Amink)

Apabila traveler sudah berada di Pelabuhan Tawun, traveler bisa menyewa boat untuk menyeberang ke Gili Sudak atau gili-gili lainnya. Sewa boat untuk paket keliling tiga gili di sana sewa boatnya Rp 350 ribu bisa menampung penumpang hingga 10 orang. Dengan paket sewa boat seperti itu Traveler bisa puas keliling tiga gili selama setengah harian full dari pagi hingga sore.

Datang ke tempat ini traveler bisa membawa makanan sendiri atau jika tidak mau repot, bisa jadi traveler akan ditawarkan paket sewa boat sekaligus dengan servis makanannya. Menu makanan yang disediakan seperti menu biasanya ala masyarakat pesisir, menu seafood atau ikan bakar dengan sambal pelecing kangkung khas Lombok.

Jangan lupa bawa alat selam untuk snorkling atau traveler dapat menyewa peralatan menyelam di tempat ini agar bisa merasakan asyiknya berenang dengan ikan-ikan beraneka warna di bawah dasar lautnya yang tak begitu dalam. Sewanya pun sekitar Rp 60 ribu. Sedangkan sewa kano Rp 50 ribu.

Traveler mau tunggu apa lagi? Ayo ke Lombok! (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED